Sukses

Toyota FJ 'Hardtop' Siap Bangkit Kembali

Toyota FT-4X menjadi cikal bakal penerus klan 'Hardtop'.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota beberapa bulan lalu resmi mempensiunkan FJ Cruiser dari lini produksinya. Ternyata, penghentian model ini untuk memberi jalan suksesornya yakni FT-4X.

Raksasa otomotif asal Jepang ini belum lama mengajukan suatu permohonan untuk merek dagang tersebut. Dari pengajuan paten di bagian struktur komponen mengacu pada model off-road terbaru berpenggerak empat roda.

Istilah FT dalam merek dagang tersebut merupakan singkatan dari Future Toyota yang telah sering digunakan oleh pihak pabrikan dalam berbagai konsep, semisal FT-86 yang kemudian menjadi Toyota 86 saat naik produksi.

Toyota resmi menghentikan pemasaran FJ Cruiser di Amerika Serikat (AS) sejak 2014 dan produksi akhir untuk pasar global pada Agustus 2016. Mobil yang di Indonesia punya sebutan sebagai Hardtop ini memiliki penggemar setia di berbagai negara, salah satunya Australia, demikian dikutip Autoguide.

Sinyalemen kuat mobil ini merupakan kendaraan petualang dengan penggerak empat roda berasal dari penamaan 4X, yang mengindikasikan sistem 4X4. Namun demikian, belum banyak informasi yang terkuak mengenai sosok SUV calon penerus FJ Cruiser ini.

Rumor ini muncul bertepatan dengan kompetitor lain yang ingin memperkenalkan SUV tangguh mereka. Ford ingin mereinkarnasi Bronco, sedangkan Jeep dipastikan meluncurkan Wrangler dengan basis platform alumunium beberapa waktu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini