Sukses

Jomplangnya Prestasi Honda Filipina dan Indonesia

Capaian Honda Filipina dalam 43 tahun bisa disamai Honda Indonesia hanya dalam waktu setahun.

Liputan6.com, Batangas - Honda Philippines, Inc. (HPI), Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan roda dua Honda di Fipilina, merayakan keberhasilan mereka memproduksi 5 juta unit di negara itu, Selasa (27/9/2016).

Dilaporkan autoindustriya.com, untuk merayakannya, HPI mengundang sejumlah pihak terkait untuk menyaksikan unit ke-5 juta unit keluar dari jalur produksi di pabrik Tanauan, Batangas. Motor spesial tersebut adalah XRM 125 berwarna merah.

Capaian ini berhasil diperoleh HPI dengan pabrik yang punya kapasitas maksimal 500 ribu unit per tahun atau rata-rata 1.800 unit per hari. Dengan sumber daya sebanyak 956 pekerja, pabrik ini membuat total sembilan model, termasuk bebek serta sport.

Perayaan sejenis pernah dilakukan HPI, baik saat berhasil memproduksi satu juta unit, dua juta, tiga juta, dan empat juta. Pejabat teras perusahaan asal Jepang itu sendiri mengaku semakin lama pasar roda dua di Filipina berkembang lebih cepat.

"Pasar terus berkembang pada kecepatan yang luar biasa. Kami berharap mencapai satu juta selanjutnya dalam waktu dua tahun," ujar Daiki Mihara, Presiden HPI.

Sebagai catatan, capaian lima juta unit itu diperoleh dalam kurun waktu 43 tahun, atau saat HPI mulai membangun pabrik pada 1973. Capaian pertama HPI, yaitu memproduksi satu juta unit motor, dicetak pada 2005.

Menariknya, jika dibandingkan dengan capaian PT Astra Honda Motor (AHM) di sini, maka angka tersebut terbilang sangat kecil. Angka 5 juta unit, misalnya, adalah angka penjualan AHM pada 2014 lalu (5.051.100 unit).

Itu artinya, keberhasilan 43 tahun Honda Filipina mampu diraih Honda Indonesia hanya dalam waktu satu tahun saja. Tak heran tahun itu jadi sejarah penjualan tertinggi Honda di dunia, serta mengukuhkannya sebagai penguasa pasar roda dua Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini