Sukses

Keunikan Vespa Indonesia Entakkan Dunia, yang Ceper hingga Sespan

Karya modifikasi Vespa asal Indonesia acapkali menjadi sorotan publik dunia karena keunikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa, kendaraan roda dua ini begitu digandrungi tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Beragam kalangan mulai dari usia tua sampai yang muda menggemari bentuknya yang semok bak tawon.

Soal modifikasi, skuter asal Italia ini telah mengalami beragam ubahan mulai dari gaya klasik sampai dengan rombakan ekstrim. Beragam karya modifikasi Vespa ini acapkali menjadi sorotan publik dunia karena keunikannya.

Vespa Super produksi Scooter99 pernah mejeng di salah satu film Hollywood bergenre comedy-drama.

Vespa hasil modifikasi bengkel Scooter99 di bilangan Pesanggrahan, bahkan telah unjuk gigi sebagai tunggangan dalam film Hollywood berjudul Stay Cool yang rilis pada 2009. Penampakan Vespa ini muncul pada scene ketika ditunggangi oleh tiga orang, satu di antaranya di atas sespan (sidecar).

Abraham Houtman selaku pemilik Scooter99 menggarap modifikasi dengan konsep yang sederhana, yaitu menambahkan sespan untuk menonjolkan kesan klasik. Vespa buatan Scooter99 juga pernah unjuk gigi di film Cats & Dogs 2: The Revenge of Kitty Galore (2010).

Pria dengan sapaan Bram ini selanjutnya pada 2010 lalu juga menggarap Vespa untuk properti pada sesi pemotretan majalah dewasa Playboy. Majalah tersebut terbit di Australia dan Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sisi negatif

 

Modifikasi seperti ini dianggapnya lebih mirip seperti sebuah skateboard ketimbang skuter.

Karya modifikasi Vespa asal Indonesia tidak selamanya disorot dari aspek yang positif. Media online asal India, Motoroids, pada 2015 lalu sempat mengkritik Vespa rombeng garapan anak-anak alay Indonesia.

Vespa tersebut dibuat ceper dan ukuran jauh lebih panjang ketimbang Vespa normal. Motoroids menganggap modifikasi ini lebih mirip seperti sebuah skateboard ketimbang skuter karena sangat ceper.

Media ini pun membandingkan mengendarai Vespa ceper di India dianggap sebagai suatu aktivitas ekstrim. Aksi-aksi tersebut pun biasanya hanya dijumpai dalam film-film Bollywood.

Motoroids juga mengkritisi penggunaan Vespa ceper ini yang mengundang bahaya karena mengangkut tiga orang sekaligus namun dalam posisi jongkok. Selain itu, dua dari tiga orang yang menunggangi Vespa ceper ini juga tidak memakai helm sebagai elemen keselamatan standar ketika mengendarai sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini