Sukses

Triliunan Rupiah, Uang Sewa Lahan Parkir Rumah Sakit di Inggris

Liputan6.com, London - Majalah Auto Express menemukan bahwa uang yang terkumpul dari lahan parkir seluruh rumah sakit di Inggris sangat besar. Menurut mereka, dalam tiga tahun terakhir, terkumpul 344 juta pound sterling atau setara Rp 6,73 triliun.

Penghasilan terbesar berasal dari Derby Teaching Hospitals NHS Foundation Trust. Di sini, uang parkir yang didapat mencapai 10,9 juta pound sterling. Di posisi kedua ada Heart of England Foundation Trust yang memperoleh uang 10,3 juta pound sterling.

Sementara rumah sakit di Surrey, tenggara Inggris, diketahui menerapkan biaya parkir yang paling tinggi. Untuk dua jam, pengguna lahan harus membayar 3,50 pound sterling atau hampir setara Rp 70 ribu.

Lebih lanjut, hasil sewa parkir ini ternyata tidak banyak yang diinvestasikan untuk perawatan pasien. Melainkan justru untuk perawatan lahan parkir saja. Bahkan tidak ada semacam tiket terusan bagi pasien sekalipun.

Juru bicara British Parking Association, mengatakan bahwa angka tersebut merupakan kewajaran. Bahkan menurutnya, menuntut biaya parkir gratis justru lebih berbahaya.

"Parkir gratis di rumah sakit di Wales dan Skotlandia justru membuat situasi lebih buruk. Seringkali cara paling efektif mengatasi keterbatasan ruang adalah dengan memberikan tarif kepadanya," tambahnya.

Menanggapi hasil ini, Pemimpin Redaksi Auto Express mengatakan bahwa memikirkan biaya parkir saja sudah membuat orang sakit. Karena itu ia merekomendasikan biaya parkir di rumah sakit agar gratis saja. "Kalau di Skotlandia dan Wales saja bisa gratis, mengapa di Inggris dan di Irlandia Utara tidak bisa?" ujarnya.