Sukses

Mudahnya Merawat Interior Mobil

Liputan6.com, Jakarta Mobil yang bersih memberikan kenyamanan Anda saat berkendara. Tapi sayangnya, tak sedikit pengendara abai soal yang satu ini.

Sering ditemui mobil yang punya interior yang berantakan. Bila ini terjadi, akan memperparah kondisi suasana hati Anda ketika berkendara. Sebenarnya, merawat interior bukanlah perkara sulit, Anda bisa melakukannya ketika memiliki waktu senggang di akhir pekan.

Penasaran? Berikut adalah jurus membuat interior mobil bersih dan nyaman:

1. Pilihlah karpet mobil yang mudah dibersihkan

Kita tentu tahu bahwa bagian karpet akan bersinggungan langsung dengan alas kaki penumpang mobil dan tentu saja karpet menjadi bagian yang paling mudah kotor. Pilihlah karpet mobil yang terbuat dari bahan karet sintetis agar lebih mudah dibersihkan.

Anda cukup membersihkan kotoran seperti tanah, noda, dan tanah dengan mencucinya menggunakan sabun lalu dijemur, jadi tak perlu dibawa ke salon mobil.

2. Membersihkan dashboard

Dashboard mobil merupakan bagian yang paling jelas terihat dari luar ataupun saat berada di dalam mobil. Posisinya berada paling depan dan selalu jadi sasaran sinar matahari serta debu saat membuka tutup kaca sehingga langsung menempel pada dashboard.

Bersihkan permukaan dashboard dengan cairan pembersih yang banyak beredar di pasaran dan segera lap agar tidak meninggalkan noda. Pastikan membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau hingga ke lubang AC dan sekitar dashboard.

Setelah kering, Anda juga bisa mengoleskan cairan anti UV untuk memberikan perlindungan agar permukaan dashboard jadi lebih tampak mengkilap, dan menjaganya dari kelembapan supaya lebih maksimal hasilnya.

3. Bersihkan langit-langit mobil dengan lap basah

Kita sering mengabaikan bagian langit-langit mobil untuk dibersihkan, padahal sisi bagian atas dalam mobil juga bisa menyimpan debu. Mulailah memperhatikan bagian ini dan membersihkannya.

Bersihkan dengan lap yang tidak terlalu basah supaya tidak menjadi lembap dan menimbulkan bau tak sedap, kemudian tuntaskan dengan lap kering agar sisa-sisa air dan kotoran debu yang masih menempel bisa meresap.

4. Beri pengharum ruangan khusus mobil

Bau apek atau tak sedap yang timbul dari dalam mobil dapat mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi dan mengusik kenyamanan orang yang berada di dalam mobil.

Pilihlah pengharum yang sesuai dengan aroma yang tidak terlalu menusuk dan menyengat karena justru bisa menimbulkan efek pusing atau mual, cukup tempel atau digantung untuk menempatkan pengharum di dalam mobil.

5. Merawat jok mobil

Anda tak perlu membawa ke salon mobil. Membersihkan jok mobil cukup dengan menggosokan semua bagian jok dengan lap kering. Agar bersih maksimal gunakan alat penyedot debu untuk membersihkan area yang sulit terjangkau.

Kemudian, gunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda. Ingat, jangan menuang cairan sekaligus tapi sedikit demi sedikit lalu sikat perlahan menggunakan sikat gigi yang sudah tak terpakai.

Menjaga jok mobil agar lebih awet juga bisa melapisinya dengan menggunakan seat cover atau pelapis jok yang terbuat dari bahan beludru dan kulit asli maupun imitasi. Jangan lupa juga untuk memerhatikan dan dirawat juga pelapis jok tersebut agar kondisinya tetap terjaga dan tak menimbulkan bau tak sedap.

Nah, bagi Anda yang ingin berburu LMPV dengan tampilan eksterior dan interior yang elegen, Grand New Toyota Avanza dan Grand New Toyota Veloz bisa jadi pilihan. Mobil ini hadir dengan desain yang lebih ciamik dan sentuhan warna two tone di interiornya yang membuat berkendara makin nyaman dan berkelas.

 

 

(Adv)