Sukses

Suzuki Hayate: Beda Negara, Beda Bentuk

Di Indonesia, Suzuki Hayate adalah sepeda motor skutik. Bagaimana di negara lain?

Liputan6.com, Jakarta - Nama sepeda motor biasanya disesuaikan dengan wilayah di mana kendaraan itu akan dijual. Karena itu, lazim ditemui nama sepeda motor yang berbeda-beda di tiap negara, tetapi sebetulnya merujuk pada benda yang sama.

Salah satu yang melakukan ini adalah Suzuki. Pabrikan asal Jepang ini bahkan menamakan dua sepeda motor dengan nama yang sama tetapi segmennya beda.

Di Indonesia, Suzuki Hayate adalah sepeda motor skutik yang diproduksi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan kubikasi mesin 125 cc. Skutik yang pertama kali diperkenalkan pada 2011 ini dibuat untuk menantang skutik lain seperti Vario Techno.

Nah, nama Suzuki Hayate juga ternyata ada di India. Bedanya, di Anak Benua itu, Suzuki Hayate merujuk pada sepeda motor bersegmen sport.

Selain beda bentuk, `nasib` Suzuki Hayate di kedua negara ini pun berbeda. Sementara Suzuki Hayate Indonesia terseok-seok tak mampu bersaing dengan skuik lainnya, Suzuki Hayate versi India adalah salah satu sport bike terlaris.

Bahkan, beberapa bulan lalu, Suzuki India baru saja merilis varian tertinggi Hayate, yaitu Hayate EP (Eco Performance). Sepeda motor ini berkapasitas 113 cc satu silinder yang hasilkan tenaga 8,7 Tk dan torsi 9,3 Nm.

Sebetulnya tak hanya Hayate saja yang punya cerita unik. Ada beberapa yang lain, misalnya penggunaan nama `Titan` pada Suzuki Smash. Diketahui, Titan adalah nama model Suzuki yang sempat tenar tahun 1970an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.