Sukses

Lebih Cepat, 2016 Semua Toyota Pakai Rem Otomatis

Toyota Motor Corp memastikan bahwa rem otomatis akan menjadi fitur standar pada hampir semua produk kendaraannya di akhir tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp memastikan bahwa rem otomatis akan menjadi fitur standar pada hampir semua kendaraannya di akhir tahun depan. Janji ini lebih cepat dibanding pabrikan lain yang mematok tahun 2022.

Dilaporkan Wall Street Journal, pabrikan asal Jepang ini mengatakan fitur yang memungkinkan mobil mendeteksi objek berbahaya, dan pada akhirnya mengaktifkan rem secara otomatis, akan hadir di semua mobil bermerek Toyota dan Lexus.

Minggu lalu, 20 pabrikan mobil yang beroperasi di Amerika Serikat (AS), atau hampir seluruh `pemain` otomotif, telah menyepakati bahwa rem otomatis ini akan mulai efektif menjadi fitur standar pada September 2022.

Langkah percepatan Toyota ini kemungkinan akan diikuti oleh produsen mobil lainnya. Untuk diketahui, rem otomatis saat ini belum jadi fitur standar. Pabrikan berpikir bahwa fitur ini menaikkan harga produksi, sementara konsumen ingin mobil murah.

Meski begitu, saat ini sudah ada beberapa mobil yang telah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih, tetapi dengan biaya yang tetap masuk akal. Misalnya saja Honda Civic. Sedan yang telah dilengkapi rem otomatis dan adaptive cruise control ini dibanderol dengan harga US$ 20 ribu atau sekira Rp 263 juta.

Selain itu, fitur rem otomatis juga dipercaya akan menjadi fitur kunci di mobil otonomos, di mana Toyota juga sekarang turut mengembangkannya.

"Pengemudi ahli yang dibantu teknologi dan dapat melakukan lebih dari sekadar memproduksi orang dari kecelakaan; mereka juga bisa membantu mencegah beberapa kecelakaan," ujar Jim Lentz, kepala Toyota North America.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.