Sukses

Varian GX Muncul, Toyota Land Cruiser Makin Bertaji

Tipe GX jadi pilihan bagi yang suka berpetualang.

Liputan6.com, Canberra - Lebih dari seperempat abad yang lalu Toyota menyulap sosok Land Cruiser jadi SUV mewah. Namun demikian, Toyota Land Cruiser tetaplah mobil tangguh yang siap disiksa untuk melahap medan berat di pelosok terjauh bumi sekalipun.

Ketangguhan inilah yang membuat Land Cruiser tetap jadi idola. Pabrik Toyota di Tahara, Jepang terus menetaskan unit-unit baru Land Cruiser. Para insinyur dituntut membangun Land Cruiser agar nyaman saat dikendarai di perkotaan namun tetap tangguh saat melahap medan berat seperti di Kalahari.

Dilansir Worldcarfans, khusus untuk medan berat, Toyota menyiapkan Land Cruiser tipe GX. Tipe ini memang dipersiapkan secara khusus sebagai keturunan asli SUV legendaris Toyota, FJ40.

Land Cruiser GX hadir dalam dua pilihan mesin yakni V8 Diesel twin turbo 4,5 liter untuk pasar Australia dan V8 5.7 liter bensin untuk versi Amerika. Pada tipe ini telah dipasangi snorkel yang menjulur pada pilar A yang berfungsi memudahkan saat melalui genangan air yang tinggi. Tak luput, volume tangki juga ditambah hingga 45 liter.

Sepanjang 2015 Land Cruiser GX terjual sebanyak 500 unit di pasar Australia saja. Toyota Motor Sales selaku pemasar juga membuka pemesanan tipe GX karena adanya permintaan yang cukup baik dari konsumen Amerika yang doyan menjelajah.

Kemampuan jelajah pada Land Cruiser membuatnya turut digunakan pasukan perdamaian PBB di medan perang. Perusahaan swasta juga memanfaatkan Land Cruiser GX untuk patroli keamanan di pertambangan yang berada di Republik Demokratik Kongo, atau sebagai alat transportasi satu-satunya ke ladang minyak terpencil di Jazirah Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.