Sukses

Paten Baru dari Hyundai, Mobil Lipat

Hyundai Motor Company dilaporkan telah mengajukan paten di United States Patent and Trademark Office berupa desain mobil yang bisa dilipat.

Liputan6.com, Seoul - Hyundai Motor Company dilaporkan telah mengajukan paten di United States Patent and Trademark Office. Paten ini bisa dibilang sangat unik, karena menawarkan desain baru yang di luar kebiasaan.

Melansir Worldcarfans, Rabu (20/1/2016), paten ini menggambarkan sebuah kendaraan yang bisa dilipat. "Menempati ruang minimum dengan dilipat, dan dapat dikonversi menjadi kendaraan lengkap ketika tidak dilipat," ujar Hyundai.

Lebih rinci, `foldable car` pada dasarnya merupakan mobil standar yang`dibelah` di bagian tengah. Saat akan dilipat, maka bagian depan atau belakang mobil mundur dan masuk ke dalam bagian mobil lainnya.

Selain body, kaca depan juga bisa dimaju-mundurkan. Beberapa sambungan ditanamkan engsel, agar proses maju-mundur atau pelipatan kendaraan bisa lebih mulus.

Hyundai mengatakan ada sejumlah masalah yang menghalangi produksi massal paten ini. Pertama, meski lantai bisa digeser, tapi sebetulnya sangat sulit mengubah wheelbase (jarak sumbu roda). Masalah kedua berkaitan dengan tinggi kendaraan.

"Bahkan jika atap atau sisi kendaraan dapat melipat, tinggi mobil keseluruhan dapat meningkat, sehingga akan sulit untuk menyimpan kendaraan di tempat parkir dengan ketinggian dan penampilan eksternal mereka," tulis catatan paten.

Menurut laman Auto Guide, paten ini sebetulnya telah diajukan sejak akhir 2014 lalu. Tetapi karena beberapa masalah, waktu pengajuan diundur hingga beberapa hari yang lalu. Tidak disebutkan apa tindak lanjut dari desain mobil konsep ini.

Untuk diketahui, desain paten mobil yang diajukan memang terkadang nyeleneh. Toyota misalnya, pernah mengajukan paten untuk mobil yang bisa terbang layaknya pesawat. Sementara Suzuki pernah daftarkan desain motor berbahan bakar hidrogen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.