Sukses

3 Truk Masa Depan yang Cocok Jadi Tokoh Transformers

Truk canggih siap memerankan tokoh Optimus Prime.

Liputan6.com, California - Transformers menjadi film fiksi modern yang menyuguhkan aksi pertarungan robot hasil ubah wujud dari mobil. Film yang disutradarai Michael Bay ini selalu menyita perhatian penonton di setiap sekuelnya melalui suguhan laga para robot.

Anda yang menggemari film Transformers pasti tidak asing dengan sosok Optimus Prime. Robot ini hasil transformasi dari truk Peterbilt 379.

Dari segi penampilan, desain Peterbilt 379 cukup menyeramkan karena sudut-sudutnya yang kaku. Dalam dunia nyata, begitu banyak truk yang memiliki tampang menyeramkan yang cocok menjadi tokoh dalam film Transformers. Selain itu, truk yang diproyeksi sebagai kendaraan angkut masa depan juga semakin canggih dengan segudang teknologi mutakhir.

Apa saja truk tersebut? berikut ini uraiannya seperti dilansir Cheatsheet:

Walmart WAVE

Foto:Cheatsheet

Jaringan supermarket Walmart memperkenalkan konsep truk barang masa depan. Sesuai dengan namanya yakni “Walmart Advanced Vehicle Experience” (WAVE), desain pada truk ini juga sangat futuristik .

WAVE dibangun dengan dukungan banyak sponsor yakni Peterbilt, Roush, Great Dane, dan Capstone Turbine. Dalam proses penggarapannya Walmart membebaskan tim untuk mengeksplorasi dengan ide-ide yang diluar batas.


Para desainer menciptakan hidung dengan desain tajam. Desain tersebut turut menyumbang efisiensi bahan bakar 10 persen lebih baik ketimbang model konvensional dan tidak mempengaruhi kapasitas kargo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peterbilt

Cummins-Peterbilt SuperTruck

Peterbilt menjadi pabrikan truk dengan segudang proyek masa depan. Selain membangun truk untuk jaringan waralaba supermarket Walmart, Peterbilt juga mendapat tantangan dari pemerintah Amerika Serikat menciptakan kendaran angkut yang fungsional.

Pabrikan ini menjawabnya dengan merilis Cummins-Peterbilt SuperTruck. Head tractor yang dipakai mengambil basis dari Peterbilt Model 579 yang dikenal memiliki aerodinamika terbaik di kelasnya.

Tak luput, beragam teknologi canggih guna meningkatkan efisiensi seperti misalnya GPS dan Predictive Cruise Technology. Kedua teknologi tersebut akan memperkirakan dimana dan seperti apa tanjakan atau turunan yang akan dilalui. Nantinya, mesin akan mempersiapkan tenaga berikut traksi yang proporsional sesuai kondisi jalan.

3 dari 3 halaman

Kenworth

Kenworth T680

T680 menjadi truk terkini keluaran Kenworth. Desain yang futuristik pada T680 tetap memperhatikan sisi aerodinamika.

Layaknya mobil penumpang kelas atas, Kenworth T680 didukung teknologi Driver Performance Assistant yang akan memandu pengemudi tentang berkendara efisien sepanjang perjalanan. Kenworth juga membekali T680 dengan fitur Predictive Cruise Technology seperti halnya Cummins-Peterbilt SuperTruck.

Selain itu, truk ini juga didukung sistem pendingin udara otomatis yang terus bekerja sekalipun mesin telah dimatikan. AC ini akan mendinginkan kabin selama pengemudi masih belum beranjak dari balik setir dengan sumber tenaga dari baterai. Adanya sistem penyejuk udara mutakhir tersebut dikatakan mampu meminimalisir kinerja mesin hanya untuk mengoperasikan AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.