Sukses

Honda Kirim Motor Pedrosa Versi Jalanan, Harganya Rp 3 Miliar

Honda akhirnya mengirimkan motor balap GP versi jalanan, RC213V-S, ke pelanggan.

Liputan6.com, Manchester - Honda akhirnya mengirimkan motor balap GP versi jalanan, RC213V-S, ke pelanggan. Proses pengiriman ini dirayakan di kantor pusat Honda balap di Inggris.

Konsumen pertama yang beruntung itu adalah John Brown, kolektor sekaligus pemilik dealer Honda di Manchester, Inggris. Demikian dilansir dari Carscoops, Kamis (24/12/2015). 

"Segera setelah mulai dijual, saya mendaftar ke web, dan saat menerima panggilan dari Honda bahwa pesanan saya diterima, itu adalah hari yang sangat istimewa," ujar Brown.

Honda RC213V-S diresmikan awal tahun ini. Dijelaskan, motor ini nyaris sama dengan tunggangan Daniel Pedrosa di balap MotoGP. Hanya saja, Honda memberikan sejumlah perubahan agar motor itu bisa melaju di jalan umum. 

Dikatakan Honda, ubahan meliputi penggantian katup pneumatik ke sistem coil spring. Daya berasal dari mesin V4 4-katup DOHC berpendingin yang hasilkan tenaga hingga 173 Tk. Sebagai pembanding, versi GP motor ini tenaganya mencapai 232 Tk. 

Honda juga menawarkan optional sports kit yang mendongkrak tenaga motor menjadi 209 Tk. Di Amerika Serikat (AS), karena alasan legalitas, motor ini spesifikasinya diturunkan menjadi 100 Tk saja. 

Honda RC213V-S dikembangkan selama tiga tahun di pabrik Kumamoto, Jepang. Di Inggris, model ini dijual mulai Juli lalu dengan harga 150 ribu pound sterling atau sekira 3 miliar (Kurs: Rp 20281/pound sterling).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini