Sukses

Mesin Lebih Kecil untuk Renault Megane RS Anyar

Generasi terbaru Renault Megane RS dikabarkan akan menggendong mesin yang lebih kecil dengan transmisi dual-clutch.

Liputan6.com, Sydney - Generasi terbaru Renault Megane RS dikabarkan akan menggendong mesin yang lebih kecil dengan transmisi dual-clutch. Saat ini, Megane RS masih menggunakan mesin bensin 2,0 liter turbocharged.

Regis Fricotte, Vice President of Sales, Marketing and Communication Renault Sport mengkonfirmasi hal ini. Ia mengatakan, mesin yang ada saat ini akan `menemui ajalnya` saat Megane RS masuk jalur produksi.

"Mesin itu (Megane RS saat ini) baik dalam arti apa yang dapat dilakukan kepada RS, tapi itu adalah mesin yang tidak cocok untuk mengembangan lebih lanjut dalam hal emisi karbon," ujar Fricotte, dikutip dari Caradvice, Jumat (18/12/2015).

Mesin baru ini, menurut Fricotte, kemungkinan akan memiliki kapasitas 1,6 liter dan dilengkapi turbocharged. Artinya, kapasitas mesin lebih kecil, tetapi dengan tenaga yang setara dengan pendahulunya.

Menurutnya, ukuran mesin tidak mesti selaras dengan tenaga yang dihasilkannya. Justru, dengan teknologi yang semakin berkembang, kapasitas mesin akan semakin kecil, tetapi hasilkan tenaga yang tidak kalah besar.

Soal perpindahan transmisi ke dual-clutch, Fricotte sebetulnya tidak mengatakannya langsung. Ia hanya mengatakan bahwa transmisi dual-clutch adalah pilihan yang baik secara komersial, dengan memberikan contoh Clio RS.

Renault Megane RS baru akan tersedia dalam pilihan lima pintu saja. Laman Caradvice memprediksi Megane RS akan diperkenalkan di Paris motor show, Oktober tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini