Sukses

Tempuh Jarak Bandung-Paris, Ban Motor Ini Tak Perlu Diganti

Ban ini menempuh perjalanan sejauh 24.860 km selama 184 hari dari Bandung ke Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Michelin melalui produknya Pilot Road 4 telah membuktikan sebagai ban andal yang menempuh perjalanan sejauh 24.860 km selama 184 hari dari Bandung ke Paris.

Ban ini digunakan oleh Mario Iroth dan Lilis Handayani melintasi dua benua dan beragam jalanan di 16 negara. Touring mandiri ini diberi nama Wheel Story 3.

Sales director 2Wheels Product Line PT Michelin Indonesia, Bayu Surya, mengaku senang dengan pencapaian ini. "Kami sangat senang Wheel Story ikut menjadi saksi ketangguhan dari performa ban Michelin Pilot Road 4," ujarnya di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Sementara itu, Mario mengaku nyaman dengan ban ini. "Saya dan Lilis merasa perjalanan kami sangat ditunjang oleh performa dan teknologi radial dari ban Michelin Pilot Road 4. Kami merasa lebih percaya diri karena Michelin telah memiliki pengalaman dalam mengedepankan faktor keselamatan dan kenyamanan setiap pengendaranya," ujar Mario.

Dalam kesematan ini, sport bike Benelli yang dipasangkan ban Michelin juga dihadirkan. Kondisi ban masih baik, dengan bagian yang sudah sedikit gundul di bagian sisi kiri dan masih tebal di bagian tengah. Hal ini, menurut Mario, disebabkan karena jalanan Eropa lebih memang banyak belokan kiri.

Selain itu, bagian tengah Michelin justru masih lebih tebal dibanding sisi kanan dan kiri. Hal ini disebabkan karena komponen untuk bagian tengah memang terbuat dari karet yang lebih keras (hard compound). Tercatat, selama perjalanan itu, Mario tidak pernah mengganti bannya sama sekali.

Padahal, jalan yang ditempuh sangat beragam. Mario menceritakan beberapa yang paling diingatnya. Misalnya di India, di mana jalannya mirip seperti Indonesia yang banyak lumpur dan pasir. Beberapa negara bahkan jalannya masih banyak yang belum beraspal. "Intinya jalan yang kita lewatin ekstrem," tambahnya.

"Kami bersyukur bisa melewati beragam tantangan selama perjalanan, dimulai dari hujan monsoon di India, temperatur sampai 52 derajat di Iran hingga cuaca dingin 2 derajat di Eropa," tutup Mario.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.