Sukses

Kejar Efisiensi, Fiat Bakal Gunakan Truk CNG

Fiat Chrysler Automobiles akan mengkonversi banyak truknya agar bisa mengonsumsi gas alam terkompresi.

Liputan6.com, Detroit - Fiat Chrysler Automobiles berencana untuk membuat truk logistiknya menggunakan bahan bakar compressed natural gas (CNG). Truk-truk ini biasa mengantar barang dari supplier ke pabrik perakitan Fiat di Detroit, Amerika Serikat (AS).

Melansir Leftlanenews, Senin (7/12/2015), sebanyak 179 truk akan dikonversi bahan bakarnya. Total biaya yang dikeluarkan sekira US$ 40 juta, termasuk dana untuk pembaruan fasilitas serta pendirian stasiun pengisian CNG.

Stasiun pengisian tersebut, jika telah berdiri, akan menjadi stasiun pengisian CNG swasta terbesar di Amerika Utara. Sementara truknya akan menjadi fleet privat terbesar di Michigan.

Dengan konversi ini, Fiat mengharapkan efisiensi tidak kurang dari US$ 1,8 juta per tahun, jika asumsinya harga rata-rata bahan bakar sebesar US$ 2/galon.

Selain karena efisiensi, Fiat juga mengaku konversi ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan. Menurut perhitungan mereka, dengan beralih ke CNG, maka emisi karbon dapat dikurangi lebih dari 16 ribu ton per tahun.

"Proyek ini menawarkan bisnis yang kuat, manfaat lingkungan yang jelas, kesempatan untuk berinvestasi fasilitas di Detroit, dan kesempatan kerja," ujar Steve Beahm, Supply Chain Senior Vice President Fiat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini