Sukses

Inilah Crossover Hidrogen Tercepat di Dunia

Hyundai Tucson fuel cell berhasil memecahkan rekor kecepatan darat untuk kategori crossover berbahan bakar hidrogen.

Liputan6.com, California - Hyundai Tucson fuel cell berhasil memecahkan rekor kecepatan darat untuk kategori crossover berbahan bakar hidrogen. Pemecahan rekor ini dilakukan di Soggy Dry Lake Bed, California, Amerika Serikat (AS) bulan lalu.

Melansir Worldcarfans, Jumat (4/12/2015), saat itu Hyundai Tucson mencapai kecepatan tertinggi 152,2 km/jam. Angka yang jika dibandingkan dengan mobil-mobil bensin memang terhitung lamban. Sayang, pabrikan asal Korea Selatan tersebut tidak menjelaskan siapa orang yang ada di belakang roda kemudi.

Hyundai tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana mereka melakukan setting mobil sehingga dapat memecahkan rekor tersebut. Adapun yang jelas, mobil ini adalah salah satu yang paling hijau di dunia, dengan total perjalanan yang mampu ditempuh sejauh 426 km hanya dengan satu tangki hidrogen penuh.

Fuel cell merupakan salah satu energi alternatif. Pada dasarnya, ini adalah alat elektrokimia yang mirip dengan baterai yang mampu memproduksi listrik sendiri melalui campuran hidrogen dan oksigen. Listrik ini yang kemudian menjadi tenaga penggerak mobil.

Menariknya lagi, Tucson ini terbilang eksklusif. Pasalnya, model ini hanya tersedia di wilayah California. Sampai saat ini, Tucson fuel cell telah terjual sebanyak 100 unit sejak mulai dijual pada Juni 2014 lalu. Konsumen juga dapat menyewanya dengan biaya US$ 499 per bulan selama tiga tahun.

Konsumen dapat mengisi ulang hidrogen secara gratis di tempat-tempat tertentu. Tercatat, berdasarkan hitung-hitungan hidrogen gratis itu, Hyundai Tucson fuel cell telah menempuh total perjalanan sejauj 1,3 juta km lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.