Sukses

Lulus Ujian SIM A dan C Lewat Aplikasi Android

Game yang tersedia sejak Mei 2015 ini mencatatkan angka unduhan sebesar 25 ribu dalam dua bulan setelah rilis.

Liputan6.com, Jakarta - Game edukasi keselamatan berlalu lintas karya polisi Jepara, Petualangan BASETA, tak cuma berfungsi sebagai media sosialisasi. Menurut Kasat Lantas Polres Jepara Polda Jawa Tengah, AKP Andhika Wiratama, game itu ternyata sangat membantu bagi yang ingin lulus ujian SIM A (mobil) atau C (motor).

"Ada dampak positifnya. Ini sebenarnya testimoni temen saya, dia bilang materinya sangat membatu untuk ujian SIM," katanya saat ditemui Liputan6.com di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Memang, AKP Andhika menjelaskan, game ini punya dua alur utama, yakni mengemudi dengan sepeda motor atau mobil. Dalam game bertema adventure ini, pemain diharuskan menjawab pertanyaan teori dan mensimulasikan berkendara aman di jalan.

"Untuk pertanyaan teorinya sama dengan pertanyaan yang ada di ujian teori SIM A dan C," imbuh dia.

Adapun, Petualangan BASETA ini baru tersedia di toko aplikasi Android. Game yang tersedia sejak Mei 2015 ini mencatatkan angka unduhan sebesar 25 ribu dalam dua bulan setelah rilis.

"Idenya itu dari saya sendiri dan untuk mengembangkan game-nya minta bantuan pihak ketiga," turut AKP Andhika.

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.