Sukses

Motor Sport dan Bebek Sering Jadi Bahan Modifikasi ala Retro

Sepeda motor dari jenis sport masih mendominasi sebagai 'bahan' modifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak aliran dalam memodifikasi kendaraan roda dua. Salah satu tema yang sering diangkat yaitu modifikasi bergaya klasik.

Tidak semua sepeda motor dapat jadi basis model dalam aliran modifikasi ini. Biasanya, terdapat terdapat motor-motor favorit yang jadi langganan diubah bergaya jadul.

Pantauan Liputan6.com di ajang Indonesia Motorcycle Fest (IMF) 2015 yang berlangsung di kawasan Senayan, sepeda motor dari jenis sport masih mendominasi sebagai 'bahan' modifikasi. Adapun motor sport tersebut berasal dari berbagai merek.

Salah satu contohnya adalah Yamaha Scorpio yang dimodifikasi bergaya cafe racer. Sepeda motor dengan kapasitas mesin 225 cc ini mejeng dalam panggung kontes IMF 2015.

Ubahan yang dilakukan terbilang cukup signifikan karena mengubah kaki-kaki serta rangka. Pada roda belakang yang awalnya ditopang oleh sistem suspensi monoshock kini menggunakan suspensi ganda. Sementara itu, roda depan telah didukung dengan suspensi upside down.

Rangka pun terlihat mengalami penyesuaian karena telah didesain ulang dengan memotong bagian ekor agar mendapat kesan minimalis. Selain itu, ditambahkan juga bracket untuk dudukan suspensi belakang.

Sementara itu tepat di sebelahnya dipajang juga modifikasi bergaya chopper. Adapun basis yang diusung juga berasal dari Yamaha Scorpio.

Foto: Liputan6.com/Yongki Sanjaya

Modifiasi ini turut merubah struktur rangka belakang yang dipotong serta mendapat tambahan bracket untuk suspensi. Selain itu, swing arm belakang turut di kustom dengan ukuran yang lebih panjang dengan posisi bracket suspensi lebih jauh agar mendapat efek ceper.

Kedua motor sport kalajengking tersebut masing-masing juga menggunakan tangki yang didesain secara kustom sesuai dengan tema modifikasi yang dianut. Namun demikian, velg berikut piringan rem cakram serta tromol tetap mempertahankan bawaan sepeda motor.

Ada juga modifikasi yang menggabungkan antara motor sport dengan bebek. Pada modifikasi bergaya Jap Style ini menggunakan rangka dari Honda CB 100, sedangkan mesinnya mengadopsi milik motor bebek honda berkapasitas 125 cc.

Foto: Liputan6.com/Yongki Sanjaya

Penggunaan motor bebek sebagai basis modifikasi juga sudah lama dilakukan oleh bengkel modifikasi Newspeed Garage. Bengkel yang bermarkas di Jalan Pinang Emas 1 No.B5, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan terkenal ini dengan karyanya bertemakan Super Cub.

Newspeed Garage hanya menerima motor bebek sebagai basis modifikasi. Motor bebek dibangun bergaya Super Cub yang memiliki ciri khas sederhana layaknya Honda Super Cub yang desain stang yang lebih simpel dan lampu yang minimalis. Selain itu, bengkel modifikasi ini juga terkadang mengambil mesinnya saja untuk dirangkai menggunakan rangka milik Super Cub lain yang sudah disiapkan.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.