Sukses

Toyota Rush dan Honda HR-V Diuji Tabrak, Mana yang Paling Safety?

Bila dalam kondisi tabrakan, mana yang paling memberikan proteksi terhadap penumpang, Honda HR-V atau Toyota Rush?

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma mengetes tiga model low cost green car (LCGC) yang diniagakan di Indonesia, ASEAN Global New Car Assesment Program (ASEAN NCAP) juga sudah menguji tabrak Honda HR-V dan Toyota Rush, hasilnya?

Ya, melihat hasil peringkat Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP) dan Perlindungan Penumpang Anak (COP), baik Honda HR-V maupun Toyota Rush sama-sama mendapat 4/5 bintang untuk kategori AOP dan COP.



Dijelaskan Honda HR-V yang memiliki fitur dual airbag dan peringat sabuk keselamatan penumpang pada kursi pengemudi mendapat skor 15.21/16.00 atau 4/5 bintang kategori perlindungan AOP dan 4/5 bintang atau 74 persen untuk perlindungan COP. Selain itu, mobil besutan Honda ini juga lolos side impact test.



Sebagai perbandingan, Toyota Rush mendapat skor 12.47/16.00 atau 4/5 bintang AOP dan 4/5 bintang atau 82 persen AOP. Sama seperti HR-V mobil ini memiliki fitur dual airbag serta peringkat sabuk penumpang pada kursi pengemudi. Toyota Rush juga lolos side impact test.




Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa duo low sport utility vehicle (LSUV) sama-sama mendapat empat bintang -- perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak. Hanya saja, berdasarkan skor, perlindungan untuk penumpang dewasa pada Honda HR-V lebih baik. Sebaliknya, di penilaian pada proteksi penumpang anak-anak Toyota Rush punya nilai lebih tinggi.

Sementara itu, ASEAN NCAP turut mengetes Honda HR-V yang dilengkapi dengan fitur dual airbag, electronic stability control (ESC), peringatan sabuk keselamatan pada kursi pengemudi dan penumpang depan. Hasilnya, mobil ini memeroleh 5/5 bintang AOP dengan skor 15.21/16.00. Meskipun, penilaian untuk AOP sama yakni 4/5 bintang atau 74 persen untuk perlindungan COP.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.