Sukses

Sindrom Pelek Ambrol Kini Hantui Yamaha Byson

Piringan cakram ikut bengkok karena menghujam aspal sangat keras.

Liputan6.com, New Delhi - Kabar mengenai patahnya palang pelek Bajaj Pulsar RS200 masih hangat beredar. Kali ini insiden serupa kembali terjadi dan dialami oleh Yamaha FZ atau yang di Indonesia dikenal sebagai Yamaha Byson.

Dilansir Motorbeam, Jumat (24/7/2015), Yamaha FZ ini mengalami insiden di mana pelek alloy pada bagian depan tidak sanggup menahan gaya dari sepeda motor saat melakukan pengereman. Besarnya beban membuat sepeda motor buatan pabrikan berlogo garpu tala ini langsung tersungkur.

Insiden ini bahkan membuat piringan cakram ikut bengkok karena menghantam aspal sangat keras. Diduga, insiden ambrolnya pelek ini terjadi akibat si pengendara Yamaha FZ sering melintasi lubang.

Dijelaskan, saat ini kondisi di India sedang memasuki musim penghujan dan dampaknya membuat aspal jalan cepat tergerus dan akhirnya berlubang. Hal ini diperparah dengan tabiat berkendara sebagian besar pengendara di India yang sembrono.

Insiden ambrolnya pelek alloy dalam waktu yang sangat berdekatan ini membuat pemasok velg sepeda motor di India menjadi sorotan, karena dugaan membuat pelek tidak sesuai standar. Para pemasok pun dituntut untuk memastikan kualitas pelek sesuai standar yang telah ditetapkan.

Pecahnya pelek sepeda motor seperti dalam kasus ini bahkan berpotensi menyebabkan cedera serius. Insiden bahkan membuat para pemotor cemas akan kualitas komponen sepeda motornya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.