Sukses

40 Hari Nonstop Menjelajah Lampung dengan Honda BeAT Super Power

Perjalanan ini berhasil menciptakan sebuah rekor yang membanggakan mulai dari total waktu perjalanan, jumlah rider, jarak tempuh, dll.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin ada beberapa di antara Anda yang masih mempertanyakan ketangguhan All New Honda BeAT eSP. Namun, sepeda motor skutik ini telah berhasil membuktikan kekuatan dan ketangguhan mesinnya melalui Touring Honda BeAT Super Power, yaitu sebuah perjalanan mengelilingi Provinsi Lampung selama 40 hari nonstop yang diselenggarakan oleh PT Tunas Dwipa Matra (TDM).

Pelepasan rombongan rider Honda BeAT Super Power dilakukan pada hari Rabu (4/3/2015) pukul 09.00 WIB di area parkir gedung PT Tunas Dwipa Matra (TDM) selaku main dealer Honda wilayah Provinsi Lampung dan disaksikan oleh masyarakat sekitar. Honda tidak tanggung-tanggung dalam menguji ketangguhan Honda BeAT Super Power. Hal ini dibuktikan dengan melibatkan pihak media secara langsung dalam proses pemilihan unit motor yang dikendarai oleh para rider. Setelah menempuh perjalanan sejauh 3.100 km, akhirnya kegiatan ini berakhir secara resmi pada hari Minggu (12/4/2015) pukul 20.00 WIB di lapangan kawasan PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Pembuktian ketangguhan mesin Honda BeAT Super Power ini dilakukan selama 40 hari nonstop dengan menjelajahi 15 kota, 225 kecamatan, dan 2.423 desa di Provinsi Lampung. Setiap motor yang telah melalui proses pemilihan dikendarai secara estafet oleh 80 orang rider. Perjalanan ini berhasil menciptakan sebuah rekor yang membanggakan dengan beberapa catatan, yaitu total waktu perjalanan selama 40 hari, ditempuh oleh 80 orang rider, mesin menyala selama 947 jam dalam dua kondisi, yaitu rolling selama 208 jam dan stationer selama 740 jam, menempuh jarak sejauh 3.100 km, dan total putaran sebanyak 3.393.287.000 rotasi per menit (rpm) secara nonstop.    

Manager Promosi TDM Rusli Mantaring mengutarakan rekor tersebut menjadi bukti bahwa Honda dengan produk unggulannya, All New Honda BeAT eSP, memiliki ketangguhan yang tak terbantahkan. Ketangguhan itu telah diuji secara langsung oleh para rider dan disaksikan oleh masyarakat Lampung.

“Kami telah mencatatkan sejarah otomotif atas produk dengan performa super. Masyarakat Lampung khususnya menjadi saksi langsung pencapaiannya. Ini adalah pengujian yang sebenarnya, tidak dilakukan secara sembunyi sembunyi atau dengan alat ukur statis.” ujar Rusli.

Selama touring berlangsung, baik itu kondisi mesin, rangka, maupun kelistrikan All New Honda BeAT eSP tetap menunjukkan kondisi prima. Saringan udara, CVT, kondisi kelistrikan lampu, baterai, sistem pengereman, tekanan ban, dan suspensi pun dalam keadaan baik.

Beberapa kondisi yang disiapkan adalah penyegelan kunci kontak dan tombol fitur ISS untuk menjaga mesin dalam kondisi hidup secara terus-menerus dan menyiapkan kunci duplikat untuk membuka jok saat pengisian bahan bakar. Pengisian oli mesin dilakukan dengan metode penambahan bertahap dengan kondisi kendaraan tetap menyala. Selain itu, dilakukan penambahan oli mesin sebanyak empat kali, penambahan oli gear box sebanyak satu kali, penggantian filter udara sebanyak satu kali, serta penggantian ban dalam karena pecah ban.

Touring Honda BeAT Super Power ini ditutup dengan acara hiburan yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat Lampung, seperti Band Competition, Dance Competition, Honda BeAT Super Challenge, Eskul Competition, Photography VIP Contest, dan tak ketinggalan program penjualan khusus sepeda motor Honda serta spare part Honda.

Supervisor Area Marketing PT. Tunas Dwipa Matra, Haddy Kurniawan menyampaikan, “Berdasarkan data AISI per bulan Februari sampai dengan April 2015, model terbaru All New Honda BeAT eSP telah terjual 16.101 unit di Lampung dan menguasai 78,4 persen pangsa pasar di kelasnya. Hal ini merupakan bukti nyata Honda BeAT menjadi pendamping aktifitas masyarakat Lampung yang terbaik. Produk ini diterima karena kualitas produk dan layanan jaringan kami di Lampung baik penjualan, perawatan dan suku cadangnya.”

>>>Selanjutnya medan yang dilalui Honda BeAT

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Honda BeAT Super Power Tangguh di Berbagai Kondisi Jalan

Sepanjang rute yang dilewati, All New Honda BeAT eSP terbukti mampu menaklukkan beragam kondisi jalan. Rute perjalanan dimulai dari kota Bandar Lampung, kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji bahkan sampai ke perbatasan Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan. Setelah itu, para rider kembali ke titik finish yang berlokasi di kota Bandar Lampung, tepatnya lapangan PKOR Way Halim.

Rute yang dilalui para rider beragam. Mulai dari jalan beraspal, lumpur bahkan tebing berbatu. Salah satu rute ekstrim yang dilalui terletak di wilayah kabupaten Lampung Barat, dimana para rider harus melintasi perbukitan dengan tanjakan berbatu serta kemiringan 45 derajat untuk mencapai Danau Ranau. Rute ini pun berhasil ditaklukan oleh All New Honda BeAT eSP.

Perjalanan ini berhasil menciptakan sebuah rekor yang membanggakan mulai dari total waktu perjalanan, jumlah rider, jarak tempuh, dll.

Para rider sendiri merupakan orang-orang terpilih yang berasal dari seluruh wilayah perwakilan jaringan Honda yang dilalui selama perjalanan berlangsung. Dua di antara pengendara utamanya merupakan duta keselamatan berkendara Honda yang tergabung dalam komunitas Honda wilayah Lampung. Keduanya adalah pemenang kontes regional keselamatan berkendara untuk komunitas Honda di Lampung.

Indra Sutra selaku salah satu Duta Safety Riding TDM mengungkapkan handling Honda BeAT luar biasa mantap.  Bahkan mampu melintasi pegunungan yang menanjak dengan sudut kemiringan 45 derajat sepanjang 5 km dan jalur bebatuan, namun tetap bertenaga dan responsif.

“Kagum dengan ketangguhan Honda BeAT karena mampu menghadapi beragam kondisi jalan di segala cuaca dengan kondisi mesin tetap prima. Bahkan motor ini juga tetap nyaman digunakan menembus kemacetan ibukota,” tambah Yogie Septiyan selaku Duta Safety Riding TDM.

Selain melakukan perjalanan, tim Honda BeAT Super Power juga turut mempromosikan tempat-tempat wisata di Lampung melalui akun media sosial yang dimiliki TDM beserta jaringannya. Para rider tak lupa melintasi lokasi wisata Lampung sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan Provinsi Lampung.

Destinasi wisata yang dilalui antara lain, Pantai Tanjung Setia Krui, Taman Nasional Bukit Barisan Krui dan Liwa, Danau Ranau Liwa, dan Air Taman Wisata Way Kambas. Foto-foto selama perjalanan tersebut akan diunggah ke akun media sosial TDM dan semua pihak yang terlibat, agar masyarakat Lampung dan Indonesia dapat mengetahui keberadaan dari semua destinasi wisata tersebut.

Di sela-sela kegiatan, tim Honda BeAT Super Power mengadakan beberapa program kepedulian sosial. Beberapa aksi peduli yang dilakukan meliputi membuka layanan servis gratis dan memberikan bantuan kepada fasilitas umum mushola yang dijadikan posko pengungsian untuk para korban banjir di wilayah kecamatan Kali Balau, Bandar Lampung. Bahkan, para rider juga memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat kurang mampu di wilayah sekitar Dealer Salim Jaya Motor, Lampung Timur.

>>>Selanjutnya model terbaru dari All New Honda BeAT eSP

3 dari 3 halaman

Model Terbaru All New Honda BeAT eSP

All New Honda BeAT eSP diluncurkan dengan dua model terbaru, yaitu All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP. All New Honda BeAT eSP hadir dengan konsep desain yang sporty dengan handle cover berlekuk tajam. Lain halnya dengan varian terbaru All New Honda BeAT POP eSP yang hadir dengan konsep desain yang stylish dengan lekuk yang lebih halus.

Meskipun sedikit berbeda, dua model ini tetap mempertahankan ukuran bodi ramping yang cocok dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Kehadirannya mengusung beragam fitur unggulan yang semakin diperkaya dengan fitur skutik kelas atas. Keduanya juga memiliki konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya, namun tetap memberikan performa yang handal.

Generasi terbaru Honda BeAT memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Kedua model ini hadir dengan beberapa kelebihan, yaitu lebih responsif dengan akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0 - 200 m, lebih bertenaga dengan kecepatan maksimum hingga 94 km/jam. All New Honda BeAT eSP series tetap mempertahankan posisinya sebagai motor skutik paling irit di kelasnya hingga mencapai 63 km/liter atau 9 persen lebih baik dari Honda BeAT FI yang sudah menjadi teririt di kelasnya, melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40). Emisi yang dihasilkan pun telah memenuhi standar emisi EURO 3.

All New Honda BeAT eSP series sendiri memiliki 3 varian di setiap modelnya, yaitu CW, CBS, dan CBS-ISS dengan beragam pilihan warna. Secara keseluruhan, All New Honda BeAT eSP memiliki 10 pilihan yaitu warna Hard Rock Black, Funk White, Techno White, dan Electro Red. Sementara itu, All New Honda BeAT POP eSP menghadirkan 9 pilihan yaitu warna Tone Black, Harmony White, Groovy Red, dan Melody Blue.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.