Sukses

Pabrik GM Bekasi Tutup, Pegawai Dapat Pesangon Rp 52 Juta

Plt Presiden Direktur GM Indonesia Pranav Bhatt menegaskan akan memberikan kompensasi kepada ratusan pegawainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menutup operasional pabrik di Bekasi terhitung Juni tahun ini bukan berarti General Motors (GM) lepas tangan atas nasib 500 karyawannya yang terdampak dari keputusan ini.

Seusai mengadakan pertemuan dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, Plt Presiden Direktur GM Indonesia Pranav Bhatt menegaskan akan memberikan kompensasi kepada ratusan pegawainnya.

"Jika Anda bertanya berapa yang mereka dapatkan, mereka bakal dapat 10 bulan lebih dari gaji wajib yang mereka dapat. Yang sudah bekerja 3 tahun atau lebih di Indonesia kemungkinan bakal mendapatkan 18 bulan gaji," kata dia.

Bila karyawan GM Indonesia yang telah bekerja selama tiga tahun dan mendapat gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR) Kota Bekasi, Jawa Barat, sebesar Rp 2,9 juta, mereka bakal mendapatkan kompensasi sekurang-kurangnya Rp 52,2 juta atau tak menutup kemungkinan ada karyawan yang mendapat kompensasi lebih besar besar.

Lebih lanjut, Bhatt menjelaskan bahwa penghentian operasi pabrik Bekasi semata-mata dikarenakan masalah bisnis. Menurut dia, mobil yang diproduksi di fasilitas itu, yakni Chevrolet Spin kurang kompetitif melawan Avanza dan Mobilio cs.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak cuma di Indonesia

Bukan hanya di Bekasi saja, General Motors juga ternyata berencana untuk menghentikan produksi pada beberapa pabriknya di dunia. Dalam beberapa bulan mendatang, dua pabrik di Amerika Utara direncanakan untuk ditutup.

Melansir Autoblog pada Jumat (27/2/2015), penghentian produksi di pabrik-pabrik ini adalah untuk menyesuaikan produksi dengan permintaan aktual kendaraan. Meskipun begitu, penutupan ini adalah penutupan sementara.

Pabrik Orion Assembly di Michigan, AS, yang memproduksi Chevrolet Sonic dan Buick Verano rencananya akan ditutup sementara pada 9 hingga 13 Maret 2015. Pabrik ini dikabarkan telah merencanakan 2 periode berhenti sementara untuk mengurangi kelebihan pasokan.

Selain di Michigan, jadwal penghentian sementara juga dialami oleh pabrik Flex yang berlokasi di Oshawa, Kanada, pada 13-17 April. Penghentian sementara itu akan mempengaruhi pasokan Chevrolet Camaro, Impala, Buick Regal dan Cadillac XTS.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini