Sukses

Canggihnya Mirai, Mobil 'Anti BBM' Toyota

Nama Mirai mendeskripsikan upaya Toyota dalam melakukan inovasi mobil berbahan bakar alternatif.

Liputan6.com, California - Toyota akhirnya mengumumkan versi final untuk kendaraan ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen mereka. Roda empat ini rencananya akan mulai dijual di sejumlah pasar pada 2015 mendatang.

Pabrikan asal Jepang itu pun memutuskan untuk menyematkan nama Mirai sebagai julukan resmi dari FCV Concept yang juga turut unjuk gigi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, September lalu.



Dikatakan, sebagaimana dilansir dari Inautonews, Jumat (21/11/2014), Mirai sendiri menyandang arti 'masa depan'. Nama ini mendeskripsikan upaya Toyota dalam berinovasi untuk menciptakan mobil dengan bahan bakar alternatif.

Adapun, Toyota Mirai hadir sebagai sedan empat pintu dengan lekuk bodi yang agresif dan elegan.



"Visi Toyota terhadap hidrogen bukan hanya sekadar membangun mobil bagus, tapi juga memastikan bisa digunakan dan diandalkan serta mudah mengisi bahan bakarnya," terang CEO Toyota Amerika Utara, Jim Lentz.

"Saya senang mengumumkan bahwa visi untuk melampaui batasan California dan memberikan konsumen kami kemungkinan untuk merasakan perpindahaan bahan bakar ke hidrogen."



Dengan kondisi tangki hidrogen dalam kondisi penuh, Toyota Mirai diklaim mampu dibawa berkendara sejauh 483 km. Sementara untuk mengisi tangkinya, hanya memerlukan tak lebih dari 5 menit.



Menyoal harga, mobil ini dibanderol sekira US$ 60.300. Tak cuma fokus jualan, Toyota bekerjasama dengan Air Liquide juga berencana membangun infrastruktur stasiun pengisian hidrogen di lima negara bagian. 12 di antaranya akan berada di New York, New Jersey, Massachusetts, Connecticut, dan Rhode Island. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini