Sukses

Oktaniol Fuel Saver, Suplemen 'Tekan' BBM Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Pasca kenaikan BBM, beragam solusi mulai dicari oleh para pemilik kendaraan guna menghemat bengkaknya pengeluaran mereka. Kini, salah satu solusi cairan fuel saver yang hadir dari dalam negeri muncul dengan nama Oktaniol Fuel Saver.

Didistribusikan oleh PT Lingkar Bumi Lestari, Oktaniol Fuel Saver dikatakan merupakan cairan aman untuk menghemat BBM. Apa bedanya? Menurut Sarifah Nurjanah, peneliti dari Oktaniol, produk ini diklaim seratus persen ramah lingkungan.

“Perbedaan utama Oktaniol dengan produk lain adalah Oktaniol berbahan dasar minyak atsiri tanpa zat kimia. Selain tak mengandung lemak jenuh, dan tak menjadikan pengendapan di ruang bakar, Oktaniol sudah melalui proses fraksinasi atau korosi,” jelas Sarifah Nurjanah di Jakarta pada Kamis (20/10).

Lewat produk ini, maka minyak Atsiri tersebut dituang sebagai campuran untuk BBM, baik itu Premium, Pertamax, maupun Solar.

Untuk nilai ekonomis, Oktaniol dijanjikan bakal menghemat ongkos hingga 30 persen, dimana 1 liter BBM cukup ditambah 3 tetes Oktaniol. 

Hitung-hitungannya, dengan harga jual Rp 30 ribu per 12 ml atau lebih kurang 300 tetes maka penghematan dari setiap liter BBM yang kini seharga Rp 8.500 adalah sebesar Rp. 2.550.

“Hasil uji empiris kendaraan menunjukkan bahwa penghematan bahan bakar saat menggunakan Oktaniol secara rata-rata sekitar 30%. Bahkan pada kondisi tertentu ada yang mampu mencapai penghematan sebesar 50%,” jelas Suwandi, salah satu peneliti Oktaniol.

Turut dikatakan, Oktaniol sekaligus menepis anggapan jika pemakaian fuel saver dalam jangka waktu yang lama bakal merusak mesin. Pasalnya, berbeda dengan aditif lain, fuel saver cairan produk dalam negeri ini menggunakan bahan alami.

Walau tak ingin merinci lebih jauh seputar bahan dasarnya, Oktaniol hanya dikatakan berbahan dasar minyak atsiri atau sereh tanpa zat kimia. 

Oktanial sendiri dijanjikan cocok untuk semua jenis kendaraan, baik yang menggunakan system karburator maupun injection, juga untuk semua jenis bahan bakar (premium, pertamax).

Oktaniol sendiri saat ini memiliki 2 produk fuel saver tetes, yaitu untuk kendaraan mesin diesel dan mesin berbahan bakar bensin.

Loading