Sukses

Sosok SUV Terkencang Land Rover Terkuak

Land Rover bekerja sama dengan Jaguar-Land Rover Special Vehicle Operation menciptakan mesin yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 542 HP.

Liputan6.com, London - Produsen mobil papan atas dunia saat ini nampaknya sedang berkompetisi menciptakan kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) yang memiliki kemampuan sangat buas baik di medan off road ataupun di jalan aspal.

Setelah sebelumnya pihak Chrysler mengumumkan kalau mereka akan menyuntikkan teknologi supercar pada Grand Cherokee terbaru, kini Land Rover tak mau kalah dengan memproduksi Range Rover Sport SVR yang diklaim menjadi SUV tercepat yang pernah mereka buat.

Melansir laman Autoexpress, Kamis (26/6/2014), Land Rover tidak sendirian dalam menciptakan Range Rover Sport SVR, mereka bekerja sama dengan Jaguar-Land Rover Special Vehicle Operation untuk menggarap SUV terkencangnya ini.

Mereka meracik Jaguar-Land Rover Special Vehicle Operation agar mampu menyemburkan tenaga sebesar 542 horse power (HP) sebagai jantung penggerak dari Range Rover Sport SVR.

Alhasil, mesin racikan divisi khusus Jaguar-Land Rover ini mampu membuat Range Rover Sport SVR melesat dari kecepatan 0 sampai 100 km/jam dalam waktu hanya 4,8 detik.

Belum lama ini, Foto versi produksi dari Range Rover Sport SVR saat sedang melakukan uji coba juga beredar di dunia maya. SUV yang masih ditutupi selubung ini terlihat memakai bumper depan yang lebih rendah dan pilar jendela yang lebih tebal.

Untuk mencegah mobil agar tidak limbung saat dipacu, Range Rover Sport SVR mendapat setelan suspensi yang lebih kaku serta tambahan Active Body Control.

Suksesnya pengembangan performa yang dilakukan Land Rover pada Range Rover Spoer SVR ini membuat mereka kedepannya berencana akan membuat Evoque versi SVR. Range Rover Evoque SVR ini akan mengusung mesin turbo berkapasitas 2,0 liter yang menghasilkan tenaga sekitar 300 HP.

Pihak Land Rover mengatakan kalau Range Rover Sport SVR ini akan diperkenalkan secara resmi pada akhir pekan ini di ajang Goodwood Festival of Speed.

Pabrikan tersebut belum bisa memastikan harga yang akan dibanderol pada SUV kencang ini, namun mereka memperkirakan kalau Range Rover Sport SVR akan dijual dengan harga dibawah 100 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 2 miliar (kurs Rp 20.431 per Poundsterling). (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini