Sukses

Sedan Premium Volvo Bakal Diproduksi di China

Ukuran wheelbase yang lebih panjang ini memberikan ruang ekstra untuk penumpang belakang.

Liputan6.com, Beijing - Pabrikan otomotif Geely mengkonfirmasi kalau mereka sedang mempersiapkan versi long-wheelbase dari sedan Volvo untuk diekspor ke pasar Amerika Serikat. Geely merupakan perusahaan rekanan Volvo yang memproduksi dan memasarkan kendaraan bermerek Volvo di China.

Melansir laman Leftlanenews, Rabu (18/6/2014), sedan premium yang diberi nama S60L ini akan diproduksi pada pabrik Geely yang terletak di sebelah tenggara kota Chengdu. Namun, pihak Volvo belum mau membocorkan perubahan spesifik yang dilakukan pada model S60 yang diproduksi di China ini.

Langkah Geely mengekspor kendaraan dari China ke Amerika Serikat mereka pandang cukup menguntungkan dari sudut pandang bisnis. Menurut penuturan dari petinggi Geely, bentuk menguntungkan tersebut terlihat dari nilai tukar dolar dengan yuan yang memiliki hubungan yang baik dan lebih stabil dibandingkan euro dan dolar.

Tak hanya dilempar ke pasaran Amerika, Geely juga akan memasarkan S60L ini ke pasar lainnya seperti Rusia serta sejumlah negara di kawasan Asia dan Amerika Latin. Pihak Geely menargetkan dapat mengekspor 10 ribu unit S60L tiap tahun yang diproduksi di China.

S60L yang diproduksi di China ini memiliki ukuran lebih panjang 3,1 inci dibandingkan S60 standar. Ukuran wheelbase yang lebih panjang ini memungkinkan untuk memberikan ruang ekstra untuk penumpang belakang.

Pihak Geely sebagai pemegang lisensi dari Volvo S60L menawarkan dua pilihan mesin untuk sedan premium ini. Kedua pilihan mesin tersebut antara lain mesin empat silinder berkapasitas 2,0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 200 horse power (HP) atau mesin V6 berkapasitas 3,0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 300 HP. Pihak Geely secara eksklusif hanya menyediakan transmisi otomatis untuk kedua tipe mesin tersebut. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.