Sukses

Mercedes Benz Unimog Dipakai Sebagai Punggawa Tim SAR Denmark

Unimog memiliki kemampuan yang superior dalam melahap berbagai medan yang sulit.

Liputan6.com, Kopenhagen - Mercedes Benz Unimog pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947 sebagai kendaraan pertanian yang dapat juga di gunakan di jalan raya.

Seiring berkembangnya waktu, Unimog mengalami evolusi dalam berbagai model menyesuaikan berbagai jenis kebutuhan di berbagai medan.

Kemampuan dari truk garapan pabrikan berlogo three pointed stars memang tidak diragukan lagi. Unimog memiliki kemampuan yang superior dalam melahap berbagai medan yang sulit meskipun hanya terlahir sebagai sebuah kendaraan pertanian.

Kemampuan Unimog yang luar biasa ini membuatnya digunakan untuk mengevakuasi orang-orang yang terjebak di lumpur atau pasir di wilayah pesisir Denmark, seperti melansir laman Autoevolution, Kamis (22/5/2014).

Tim Search and Rescue (SAR) Denmark memodifikasi Unimog sesuai dengan tugasnya masing-masing. Truk yang dibuat di kota Stuttgart ini dibekali peralatan radar, kamera infra merah untuk pencitraan panas, lampu sorot berintensitas cahaya tinggi, dan bahkan dibekali juga dengan tombak bertekanan tinggi.

Tombak ini digunakan bukan untuk berburu paus di pantai, melainkan untum penyelamatan bagi para pelaut yang terdampar atau perenang yang nyaris tenggelam.

Sebagai sebuah mobil SAR, Unimog ini juga berperan sebagai ambulans sehingga truk ini dimodifikasi untuk membawa peralatan medis yang cukup lengkap untuk pertolongan pertama evakuasi.

"Kontrol dan traksi yang ada ban sangat penting bagi kami. Ketika kami sedang mengemudi di sepanjang pantai untuk menangani sebuah insiden, beberapa roda kadang amblas masuk ke dalam pasir," papar Morten Olson, Kepala Tim SAR pelabuhan Hanstholm, Demmark.

Olson mengatakan kalau memakai Unimog ini dapat langsung menurunkan tekanan angin pada ban tanpa harus keluar dari mobil sehingga meningkatkan traksi sebesar 50% pada permukaan ban.

Untuk mempermudah evakuasi di sepanjang pantai laut utara Denmark, tim SAR memakai empat unit Mercedes Benz Unimog sebagai punggawa utama mereka karena telah terkenal memiliki kemampuan off road dan on road yang luar biasa. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.