Sukses

Jaguar Fokus Kembangkan Fokus Mesin Irit Bahan Bakar

Jaguar kini fokus mengembangkan mesin kecil dengan tenaga turbo tetapi lebih efisien menggunakan bahan bakar.

Liputan6.com, London Jaguar kini sedang fokus mengembangkan mesin kecil dengan tenaga turbo. Pabrikan Inggris ini ingin mengembangkan mobil dengan mesin yang efisien bahan bakar.

Menurut Jaguar's technical specialist for performance and drivability attributes, Tim Clark, pabrikan mobil asal jerman memiliki kesalahan dengan sportcar garapannya yaitu pada penggunaan turbo yang mengurangi torsi sehingga sensasi ngebut yang dihasilkan oleh raungan mesin berkurang.  Clark percaya bila mesin yang besar pada mobil tetap menggunakan supercharger, Seperti dilansir dari Autoevolution, Senin (7/4/2014).

Clark juga menjelaskan bila membangun mesin yang lebih kecil untuk mengejar efisiensi sangat memungkinkan bila dilengkapi dengan turbo.

"Ketika Anda melihat mesin yang kapasitasnya lebih kecil, katakanlah 2,0 liter atau di bawahnya yang dilengkapi dengan supercharged, kerugian mekanis yang ditimbulkan hanya sedikit dibandingkan ketika Anda menggunakan mesin 3.0 ke atas," jelas Clark.

Jaguar diam-diam menggarap sebuah keluarga mesin empat silinder terbaru. Mesin tersebut dinamai " Ingenium" dan itu akan menggantikan  mesin dari Land Rover saat ini. Ada sejumlah model baru yang akan menggunakan mesin tersebut termasuk baru sedan compact mewah Jaguar XE, crossover C-X17 dan mungkin Discovery baru.

Ketika versi produksi C-X17 terungkap, Jaguar menjelaskan mobil tersebut akan menggunakan mesin 4 silinder untuk bersaing dengan BMW X3 namun tidak untuk berhadapan dengan mobil garapan dari Ford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.