Sukses

Gunung Raja Paksi Kembali Kantongi Proper Biru dari Pemerintah

PROPER sendiri, merupakan penghargaan yang diberikan, untuk mengapreasiasi kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, ekoinovasi, inovasi lingkungan dan kepemimpinan lingkungan Green Leadership perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) kembali meraih PROPER biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). GRP dinilai patuh dalam aspek penilaian ketaatan penghargaan PROPER.

Aspek tersebut meliputi izin lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3 dan Non B3, serta pengelolaan sampah.

Presiden Direktur GRP Fedaus menyampaikan terima kasih atas kepercayaan KLHK, sehingga GRP berhasil meraih PROPER biru pada 2023. Fedaus juga mengatakan, pencapaian GRP dalam PROPER 2023 menjadi bukti komitmen perusahaan pada lingkungan.

Sebagai salah satu perusahaan baja swasta terbesar di Indonesia, imbuhnya, GRP tidak hanya mempertimbangkan seluruh kriteria penilaian pada penghargaan PROPER.

Lebih dari itu, GRP juga berkomitmen untuk terus berinovasi dalam program lingkungan, dengan tujuan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan berkelanjutan di wilayah operasional perusahaan.

”Tidak kalah penting, peran aktif dari Manajemen serta komitmen tinggi dari seluruh karyawan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan juga sangat mendukung dalam meraih pencapaian ini,” ucap Fedaus kepada media hari ini.

Anugerah Lingkungan PROPER 2023, sebelumnya dilakukan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu 20 Desember 2023. Dalam pidato sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan bahwa PROPER juga bisa menjadi kompas untuk memandu praktik bisnis berkelanjutan.

”Yakni, dengan mengajak perusahaan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau dan mendorong capaian yang melebihi ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup,” kata Wapres.

Pada acara yang sama, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong yang mewakili Menteri LHK dalam mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia, juga memberikan ucapan selamat. Ucapan disampaikan Wamen kepada perusahaan, yang konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

PROPER sendiri, merupakan penghargaan yang diberikan, untuk mengapreasiasi kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, ekoinovasi, inovasi lingkungan dan kepemimpinan lingkungan Green Leadership perusahaan.

Dimulai sejak 27 tahun lalu, PROPER bertujuan untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan perundangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup. Pada 2023 ini, terdapat 3.694 perusahaan peserta PROPER yang dievaluasi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini