Sukses

Sebelum Obat, Makan Ini Dahulu Untuk Redakan Flu Ringan

Ini dia 2 barang yang disediakan dokter ini setiap musim pilek dan flu:

Liputan6.com, Jakarta - Suhu udara mulai menurun dan kuman-kuman mulai menyebar, yang berarti orang-orang mencari cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan melawan bersin dan batuk.

Meskipun obat-obatan yang dijual bebas adalah cara yang umum untuk menangkal penyakit, baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan menemukan bahwa bahan utama dalam banyak obat yang dijual bebas untuk meredakan gejala pilek dan alergi tidak begitu efektif dalam melegakan hidung tersumbat.

"Umumnya saya mencoba menghindari penggunaan obat yang dijual bebas jika saya bisa," kata Dr John Mafi, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Dalam Umum dan Penelitian Layanan Kesehatan di David Geffen School of Medicine di UCLA.

"Fokus terbesar saya adalah pada pencegahan, jadi saya benar-benar berusaha, secara pribadi, untuk berolahraga, makan dengan sangat sehat, tidur yang cukup, mengelola stres dan menghindari alkohol berlebih, hal-hal seperti itu. Jadi, saya bisa tetap kuat dan sehat," kata Mafi, melansir CNBC Make It pada Rabu (29/11/2023).

Namun secara realistis, ada kalanya Mafi tetap jatuh sakit meski sudah melakukan upaya terbaiknya. Pada saat-saat seperti itu, dia mencari dua hal sebelum membeli obat-obatan bebas.

Ini dia 2 barang yang disediakan dokter ini setiap musim pilek dan flu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Madu

Selama bertahun-tahun, orang-orang telah mengklaim bahwa mengonsumsi madu, terutama madu yang dikumpulkan secara lokal, adalah cara terbaik untuk mengurangi alergi musiman. Ternyata madu juga dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengurangi gejala flu.

Ketika infeksi saluran pernapasan mulai beredar pada tingkat yang lebih tinggi, Mafi menyimpan madu untuk dipasangkan dengan teh hangat.

Menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan pada tahun 2021 di British Medical Journal, "madu efektif dalam mengurangi durasi dan tingkat keparahan gejala pilek, terutama hal-hal seperti sakit tenggorokan," katanya.

"Saya menggunakan madu untuk flu biasa, dan sangat aman." ujar Dr. John Mafi.

Kajian ini menemukan bahwa madu bahkan mungkin lebih efektif daripada perawatan biasa untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas. "Madu itu murah, mudah didapat, dan hampir tidak memiliki efek samping, dan dokter dapat merekomendasikannya sebagai alternatif yang cocok untuk antibiotik," menurut para peneliti studi tersebut.

"Madu memang memiliki sifat antimikroba yang telah digunakan dalam pengobatan selama ribuan tahun," kata Mafi. "Saya menggunakan madu untuk flu biasa, dan sangat aman."

Mafi memperingatkan bahwa madu tidak boleh digunakan, dalam bentuk mentah, untuk mengobati pilek pada bayi karena dapat menyebabkan botulisme, yaitu suatu kondisi yang jarang terjadi namun mengancam jiwa yang menyerang sistem saraf tubuh. American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan pemberian madu pada anak di bawah usia satu tahun.

Bagi penderita diabetes, Mafi menyarankan untuk memperhatikan asupan gula saat menggunakan madu. Dan orang-orang yang alergi terhadap lebah dan tawon juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi madu, kata Dr. Timothy Wong, dokter keluarga bersertifikat dan ahli medis untuk JustAnswer, kepada CNBC Make It pada bulan April.

3 dari 3 halaman

Bawang Putih

Anda mungkin menggunakan bawang putih untuk membumbui makanan Anda, tapi mungkin tidak hanya itu manfaatnya. Pada musim pilek dan flu, Mafi selalu menyediakan bawang putih untuk meredakan gejala pilek.

"Ada sedikit bukti bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi flu," kata Mafi. "Ada satu atau dua uji coba secara acak, dan istri saya orang Armenia, jadi itu adalah obat tradisional mereka untuk pilek. Jadi, saya terpengaruh oleh hal itu."

Sebuah tinjauan sistematis tahun 2014 yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews mencakup uji coba acak di mana 146 orang diarahkan untuk mengonsumsi suplemen bawang putih atau plasebo selama 12 minggu.

Pada akhir percobaan, kelompok yang mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko 60% lebih rendah terkena flu dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen. Meskipun demikian, para peneliti tidak menemukan perbedaan besar dalam waktu pemulihan dari pilek di antara kedua kelompok tersebut.

"Satu-satunya kerugian dari hal tersebut adalah bau mulut."

Namun, tinjauan sistematis mencatat bahwa uji coba yang mengklaim bawang putih efektif untuk mencegah dan mengobati flu "tampaknya sebagian besar bergantung pada bukti yang berkualitas rendah."

Uji coba terkontrol secara acak lainnya yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 2,56 gram bawang putih tua selama 90 hari selama musim pilek dan flu mengalami pilek yang lebih pendek dan tidak terlalu parah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih.

Bahkan dengan bukti yang terbatas, mengonsumsi bawang putih memiliki risiko yang sangat rendah dalam hal keamanan, kata Mafi. "Satu-satunya kerugiannya adalah bau mulut," candanya. "Tapi bawang putih adalah makanan yang sehat."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.