Sukses

Inilah Makanan yang Bisa Bikin Umur Panjang

Sebagai seorang dokter dan ilmuwan makanan, Dr. William Li, MD, telah menghabiskan waktu selama 20 tahun untuk mempelajari bagaimana pola makan kita agar bisa membantu kita mengalahkan penyakit dan hidup lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang dokter dan ilmuwan makanan, Dr. William Li, MD, telah menghabiskan waktu selama 20 tahun untuk mempelajari bagaimana pola makan kita agar bisa membantu kita mengalahkan penyakit dan hidup lebih lama.

Dr. William Li, MD selalu menggunakan pendekatan berbasis makanan alami, dan sebagian besar diet saya terinspirasi oleh perpaduan unik dari dua budaya makanan terhebat di dunia: Mediterania dan Asia. Ia menyebutnya diet "Mediterania-Asia".

Baik wilayah Mediterania maupun Asia memiliki area yang dikenal sebagai Zona Biru, di mana orang-orang menua dengan lebih baik dan secara keseluruhan lebih sehat.

Berikut ini adalah enam makanan pokok "Mediterania" yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan tetap sehat:

1. Buah-buahan

Apel: Sebuah apel sehari mungkin dapat menjauhkan Anda dari dokter, tetapi tiga apel sehari dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Apel serbaguna, cocok untuk salad, dan lezat sebagai camilan atau dipanggang sebagai hidangan penutup.

Pir: Pir adalah sumber serat makanan yang sangat baik (satu buah berukuran sedang mengandung 6 gram) untuk kesehatan usus.

Tips pro: untuk menemukan pir yang matang, pegang buah di pangkalnya dengan satu tangan, dan dengan tangan yang lain, cubit daging buah di bagian bawah batang. Jika daging buahnya sedikit lunak, berarti buah itu sudah siap untuk dimakan.

Jeruk bali: Daging jeruk bali mengandung flavonoid yang melawan penyakit dan vitamin C, yang merupakan zat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Alpukat: Lemak dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sayuran

Brokoli: Brokoli kaya akan sulforaphane, yang melindungi sel punca, meningkatkan kesehatan dan metabolisme usus, serta memperkuat respons kekebalan tubuh.

Kedelai: Kedelai dimakan sebagai kacang, dibuat menjadi tahu, difermentasi, dan bahkan dapat diubah menjadi anggur. Kedelai telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20% dan diabetes sebesar 23%.

Wortel: Sayuran kuno yang berasal dari Asia Barat Daya ini adalah sumber serat makanan yang baik untuk kesehatan usus. Setengah cangkir wortel parut mengandung 2 gram serat.

Jamur: Jamur mengandung serat larut yang disebut beta-D-glukan, yang merangsang pertahanan tubuh untuk menumbuhkan pembuluh darah baru yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka. Pada saat yang sama, hal ini dapat mencegah pembuluh darah yang berbahaya dari memberi makan kanker.

 

3. Kacang-kacangan

Kacang putih: Kacang-kacangan adalah makanan bergizi yang dapat membantu mengurangi faktor risiko kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacangan juga mengandung nutrisi berharga seperti zat besi, seng, magnesium, dan folat.

Lentil: Lentil adalah kacang-kacangan klasik dalam masakan Mediterania. Setengah cangkir lentil kering mengandung 18 gram serat, yang merupakan lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.

3 dari 4 halaman

4. Minyak dan Sari

Minyak zaitun extra virgin (EVOO): EVOO adalah bentuk minyak zaitun yang paling diminati. "Extra virgin" mengacu pada minyak yang tidak dimurnikan, dan sebagai hasilnya, mengandung potongan-potongan kecil buah zaitun yang matang. Minyak dan potongan-potongan kecil tersebut merupakan sumber polifenol kuat yang mengaktifkan pertahanan kesehatan.

Ketika Dr. William Li, MD membeli EVOO, ia memindai label pada botolnya untuk mengidentifikasi varietas zaitun yang digunakan.

Banyak yang terbuat dari berbagai macam zaitun, yang rasanya sangat enak, tapi ia lebih suka minyak monovarietal, yang lebih kecil kemungkinannya untuk diencerkan dengan minyak yang lebih murah.

Cuka sari apel: Penelitian telah menemukan bahwa asam asetat dalam cuka sari apel mengurangi lemak tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan gula darah.

Pasta kacang yang difermentasi: Berjalan-jalanlah di lorong tengah toko bahan makanan Asia mana pun, dan Anda akan melihat berbagai jenis pasta kacang fermentasi. Terbuat dari kedelai yang difermentasi, pasta ini mengandung bioaktif yang dapat melawan sel-sel lemak.

 

4 dari 4 halaman

5. Makanan Laut

Ikan salmon: Salmon mengandung omega-3 yang tinggi, yang diserap ke dalam sel-sel lemak dan dimetabolisme. 

Roe: Jika Anda ingin menjelajahi cita rasa yang unik, Anda harus mencoba roe (telur) dari makanan laut tertentu. Telur secara alami mengandung omega-3, jadi hanya perlu sedikit untuk mendapatkan dosis besar lemak sehat.

Sarden: Sarden adalah makanan laut yang dihormati di Mediterania. Ikan ini mengandung bioaktif yang dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol darah.

6. Minuman Teh

Teh matcha: Matcha adalah teh hijau yang dikenal dengan warna hijaunya yang cerah. Penelitian telah menemukan bahwa matcha dapat melawan efek metabolisme dari diet tinggi lemak.

Teh oolong: Sebuah studi oleh Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa minum enam cangkir teh oolong tiga hari dalam seminggu dapat meningkatkan metabolisme secara keseluruhan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini