Sukses

8 Makanan untuk Kulit Sehat Bebas Keriput Menurut Ahli

Berikut beberapa makanan yang cocok untuk Anda, jika Anda mencari obat alternatif yang sehat untuk membantu mengurangi keriput pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Kerutan pada kulit merupakan tanda alami dari penuaan yang terjadi pada setiap individu dengan seiring bertambahnya usia. Proses ini dipengaruhi oleh faktor genetik, gaya hidup dan paparan sinar matahari.

Kulit memiliki dua lapisan utama, yaitu epidermis yang merupakan lapisan luar yang tipis dan dermis yang terletak di bawahnya. Dermis mengandung kolagen dan elastin, protein yang memberikan struktur dan kekenyalan pada kulit.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin menurun, menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan kemampuan untuk meregang kembali setelah ditarik atau ditekan.

Ketika berbicara tentang perawatan kulit, sebagian besar dari kita berpikir tentang produk dan serum kecantikan yang diaplikasikan ke permukaan kulit, di mana dapat membantu mencerahkan dan memperbaiki kulit.

Tapi kita juga harus memikirkan perawatan internal, seperti halnya apa yang kita makan, itu juga bisa menjadi salah satu faktor. Dan menurut para dokter, ada beberapa makanan yang sebenarnya dapat membantu menyamarkan kerutan pada kulit.

"Makanan tertentu, terutama berbahan nabati tentunya kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan untuk kulit," kata Patricia Pinto-Garcia, MD, MPH, senior medis di perusahaan kesehatan GoodRx.

Ia juga menambahkan bahwa mengonsumsi makanan sehat tersebut dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, yang membantu mengurangi munculnya keriput.

Meskipun tidak ada makanan yang secara ajaib akan menghapus keriput atau tanda-tanda penuaan lainnya, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat ke dalam daftar diet Anda sebagai garis pertahanan untuk meminimalisir kemunculan keriput pada kulit.

Dan menurut para dokter, berikut beberapa makanan yang cocok untuk Anda, jika Anda mencari obat alternatif yang sehat untuk membantu mengurangi keriput pada kulit, melansir dari Bestlifeonline, Senin (25/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Paprika merah

Yang pertama dalam daftar makanan Pinto-Garcia yang dapat meminimalisir munculnya kerutan adalah paprika merah.

Ia menjelaskan bahwa paprika merah mengandung vitamin C yang tinggi, artinya makanan ini memiliki antioksidan yang mendorong produksi kolagen dan Capsanthin, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat dari paparan sinar matahari.

"Kedua zat ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang terhidrasi, dan membantu kulit untuk tetap terlihat awet muda,” ucapnya.

3 dari 9 halaman

2. Semangka

Menurut Lori Aliksanian, MD, CWSP, pemilik MedBeautyLA bahwa buah dan sayuran merah lainnya seperti semangka adalah sumber zat likopen yang bagus.

Antioksidan ini dapat memperbaiki tampilan visual garis-garis halus, kerutan, dan mengencangkan kulit. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology tahun lalu. Di mana dalam penelitian, para partisipan mengonsumsi kapsul Lycomato, yang berasal dari buah berwarna merah ini.

Studi lain yang mengulas penelitian yang sudah ada juga menyimpulkan bahwa makanan yang kaya akan zat likopen terbukti dapat mencegah atau mengurangi penuaan dini, khususnya membantu mengatasi keriput dengan meningkatkan kesehatan kolagen pada kulit.

4 dari 9 halaman

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang dimasukkan dalam daftar ini karena menurut Robert W.B. Love, PhD, seorang ahli saraf yang berspesialisasi dalam pencegahan penyakit Alzheimer, menjelaskan bahwa brokoli sangat baik untuk kulit Anda, seperti halnya paprika merah, brokoli juga kaya akan vitamin C.

"Vitamin C terlibat dalam produksi kolagen," kata Love dalam unggahan video TikTok-nya pada Mei 2023.

Menurutnya, seiring dengan bertambahnya usia, kulit kita bisa mulai mengendur, dan kolagen adalah protein dalam kulit yang mengatur elastisitas, serta dapat membantu memperbaiki kulit yang kendur dan mengurangi kerutan.

5 dari 9 halaman

4. Almond

Tidak suka sayuran? Tenang, kacang almond juga bermanfaat untuk mengurangi keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit

"Almond adalah sumber asam lemak omega-3 dan vitamin E yang sehat, dan keduanya penting untuk kesehatan kulit," kata Pinto-Garcia.

Dalam sebuah studi pada Februari 2021, yang diterbitkan d jurnal kesehatan Nutrients, para peneliti mengamati efek almond pada wanita pasca-menopause, dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang sebagai camilan sehari-hari mengalami penurunan tingkat keparahan kerutan yang signifikan secara statistik.

Setelah 16 minggu, para wanita ini mengalami penurunan sebesar 15 persen, dan pada 24 minggu, mereka mengalami penurunan sebesar 16 persen.

6 dari 9 halaman

5. Wortel

Kita tahu bahwa wortel baik untuk menjaga kesehata mata, tetapi wortel juga bermanfaat untuk melawan keriput pada kulit.

"Wortel mengandung zat beta-karoten yang tinggi, yang berubah menjadi vitamin A. Orang-orang mungkin mengenali vitamin A sebagai salah satu bahan utama membantu mengurangi keriput dan menghaluskan kulit," kata Pinto-Garcia.

7 dari 9 halaman

6. Cokelat

Menurut para ahli medis, makanan manis tertentu juga dapat meningkatkan penampilan kulit Anda.

"Makanlah cokelat hitam," ucap Anthony Youn, MD, ahli bedah plastik holistik, pada unggahan vidio TikTok-nya pada November 2023.

Ia menjelaskan bawa cokelat hitam mengandung polifenol dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit dan Anda harus memastikan bahwa cokelat yang Anda konsumsi itu mengandung setidaknya 70 hingga 80 persen kakao.

"Jika kurang dari itu, kemungkinan besar akan mengandung terlalu banyak gula, yang di mana ini juga tidak baik untuk kesehatan Anda," jelasnya.

Beberapa penelitian telah mengamati efek anti-penuaan dari cokelat hitam, dengan satu studi menemukan bahwa konsumsi kakao setiap hari dapat memperbaiki kerutan dan elastisitas kulit pada kulit manusia, dengan kurun waktu 12 minggu hasilnya akan dapat terlihat.

8 dari 9 halaman

7. Ikan salmon

Salmon juga memiliki efek menghaluskan kerutan, menurut Love. "Ini adalah makanan favorit pribadi saya, bukan hanya karena lezat, tetapi juga sangat bagus untuk otak Anda," katanya.

Love mencatat bahwa kulit yang lembap umumnya memiliki lebih sedikit kerutan, dan salmon dapat meningkatkan tingkat kelembapan pada kulit.

Selain itu, ia menjelaskan berdasarkan penelitian yang ia paparkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon hasil tangkapan alam mereka terlihat lebih awet muda.

9 dari 9 halaman

8. Protein kolagen

Meskipun ini berjenis suplemen, Love juga merekomendasikan untuk memasukkan protein kolagen ke dalam diet Anda.

"Mengapa mengonsumsi kolagen sangat baik? Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen protein kolagen memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, juga memiliki lebih sedikit kerutan di wajah," katanya.

Love menambahkan, "Kolagen tidak hanya bagus untuk kulit Anda, tetapi (kolagen) juga baik untuk kepadatan tulang Anda, dan juga baik untuk kekuatan otot."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.