Sukses

Masukkan Kepribadian di CV Bisa Berikan ‘Keunggulan’, Simak Caranya

Setiap resume harus mencakup hal-hal seperti bahasa yang mencerminkan deskripsi pekerjaan yang dilamar serta relevansinya dengan pengalaman yang dimiliki.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap resume harus mencakup hal-hal seperti bahasa yang mencerminkan deskripsi pekerjaan yang dilamar serta relevansinya dengan pengalaman yang dimiliki. Ada juga bukti numerik pencapaian, seperti misalnya peningkatan pendapatan sebesar 30%. Selain itu, tata bahasa dan ejaan juga diperhatikan jangan sampai ada kesalahan.

Namun, menurut perusahaan konsultan Deloitte, Deborah Golden, selain semua hal tersebut, yang ingin ia lihat dalam dokumen resume adalah gambaran diri pelamar. “Menurut saya, resume yang bisa memancarkan kepribadian adalah hal yang paling menarik perhatian saya,” katanya.

Inilah cara menampilkan kepribadian dalam resume yang kamu buat.

‘Saya pernah travelling keliling dunia 17 kali’

Ada berbagai cara untuk memberikan gambaran deskripsi diri.

Mencantumkan berbagai bahasa yang dikuasai, atau termasuk bahasa yang telah kamu lakukan ketika “perjalanan keliling dunia sebanyak 17 kali,” kata Golden. Hal tersebut adalah contoh dari apa yang dapat menyempurnakan resume yang kamu buat.

Kamu juga dapat memasukkan prestasi atletik atau artistik. Selain itu, kerja sukarela atau volunteer juga efektif karena “kamu berada di sana karena kamu suka,” katanya.

“Keberadaanmu di sana bukan karena disuruh, menurut saya hal itu juga menunjukkan banyak hal tentang kepribadian kamu,”

Kamu juga bisa “memikirkan apa yang membuat dirimu bahagia dan apa yang diinginkan dari pekerjaan itu, dan menuangkannya dalam sebuah kalimat,” katanya.

Dia memberikan contoh pekerjaannya sendiri dan hal-hal yang dapat dia katakan untuk menggambarkan minatnya terhadap pekerjaan tersebut. Mengapa dia ingin berinovasi?

“Saya benar-benar ingin memecahkan masalah yang sangat sulit,” katanya. “Saya sangat pandai memecahkan masalah yang sangat sulit.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

‘Letakkan bagian terbaik di bagian atas resume’

Ke manakah kepribadian kamu bisa dimasukkan pada resume?

Satu tempat untuk menampilkannya adalah di bagian paling bawah resume, di bawah bagian minat. Itu bisa mencakup hanya satu baris dengan maksimal tiga minat yang memberikan gambaran tentang apa yang kamu sukai dan telah lakukan atau ciptakan di luar pekerjaan.

Namun, Golden akan menganjurkan untuk menempatkannya di bagian yang lebih tinggi lagi. “Letakkan bagian yang bagus di bagian atas resume,” katanya. Kamu bisa memasukkan baris tentang minat dalam ringkasan profesional, misalnya.

Jangan lupa kata kunci relevan dengan pekerjaan dan bukti pencapaian profesional yang kamu miliki. Namun, jika terlihat memiliki yang diperlukan untuk menjalankan peran tersebut dan langsung merasakan siapa diri kamu sebenarnya, “itulah keunggulannya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini