Sukses

12 Manfaat Anggur Hitam untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan

Warna khasnya yang berasal dari pigmen antosianin merupakan antioksidan kuat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kesehatan dari anggur hitam telah menjadi topik yang menarik belakangan ini. Mereka dikenal dengan warna ungu tua yang terlihat hampir hitam. Siapa sangka bahwa buah ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk merawat kulit hingga rambut.

Warna khasnya yang berasal dari pigmen antosianin merupakan antioksidan kuat. Ini juga ditemukan pada buah dan sayuran berwarna gelap lainnya seperti blueberry, blackberry, dan terong. Karena itu, memiliki efek positif untuk kesehatan jantung dan saraf, serta membantu mencegah diabetes dan kanker.

Namun selain itu, anggur hitam juga punya beragam manfaat lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini manfaat anggur hitam seperti melansir Pinkvilla, Rabu (26/7/2023).

1. Antioksidan

Anggur hitam dikemas dengan antioksidan kuat. Antioksidan ini memainkan peran penting dalam melindungi sel Anda dari kerusakan dan melawan penyakit, seperti diabetes, Alzheimer, Parkinson, kanker, dan penyakit jantung. Mereka bahkan membantu Anda pulih lebih cepat dari penyakit.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Anggur hitam juga bermanfaat bagi rambut. Studi ilmiah yang muncul menunjukkan bahwa antioksidan dalam anggur hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Antioksidan ini membantu melindungi folikel rambut dari stres oksidatif dan meningkatkan kepadatan rambut

3. Kesehatan Jantung

Resveratrol dan anthocyanin adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam anggur. Antioksidan ini menawarkan perlindungan luar biasa untuk jantung dan otak Anda. Antosianin dalam anggur hitam juga membantu melindungi dari aterosklerosis, penumpukan plak di arteri Anda.

Dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan, antioksidan ini berkontribusi pada manfaat kesehatan jantung. Itu sebabnya anggur sering dikaitkan dengan kesehatan jantung.

4. Kesehatan Otak

Anggur hitam baik untuk otak karena mengandung resveratrol yang dapat membantu memperlambat penyakit Alzheimer. Menikmati anggur merah dalam jumlah sedang, yang juga mengandung resveratrol, bahkan dapat membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Melawan Kanker

Anggur hitam, dengan antioksidannya seperti resveratrol dan antosianin, dapat melawan kanker. Meskipun resveratrol tampak menjanjikan dalam perang melawan kanker, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia. Jangan lupa, kulit anggur mengandung resveratrol paling banyak, jadi jagalah agar tetap utuh untuk manfaat anggur hitam yang maksimal.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sekali lagi, banyaknya antioksidan dalam anggur hitam, terutama antosianin, dapat meningkatkan kesehatan kulit. Mereka bahkan telah ditemukan efektif melawan kanker kulit dan juga dapat membantu mengatasi masalah kulit ringan seperti jerawat. Anggur hitam, seperti tabir surya alami untuk kulit, melindunginya dari efek berbahaya radiasi UV. Ini berarti lebih sedikit sengatan matahari dan bintik-bintik gelap. Plus, mereka membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV.

7. Potensi Efek Anti Diabetes

Polifenol dalam anggur hitam, termasuk resveratrol, dapat menawarkan efek anti-diabetes dengan membantu mengatur kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol mengaktifkan protein yang disebut SIRT1, yang pada gilirannya mengurangi resistensi insulin

8. Penurunan Berat Badan

Baik resveratrol dan pterostilbene turunannya dalam anggur hitam, telah menunjukkan efek anti-obesitas dalam penelitian laboratorium dan hewan. Mereka berdampak positif pada bakteri usus dan pengaturan energi.

Terbukti bubuk anggur yang merupakan sumber serat dan polifenol yang kaya memiliki dampak positif pada mikrobiota usus dan mekanisme kolesterol.

Ini membantu pencernaan dan memecah makanan, menghasilkan bahan kimia dan nutrisi yang bermanfaat. Ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keefektifannya dalam memerangi obesitas pada manusia.

 

3 dari 3 halaman

9. Memperkuat Tulang

Resveratrol yang ditemukan dalam anggur hitam dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun, efek ini hanya diamati pada tikus, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian yang melibatkan manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

10. Manfaat Anti Inflamasi

Anggur hitam mengandung senyawa penting, seperti flavan, flavonol, antosianin, dan stilben yang memiliki sifat antiradang. Sifat-sifat ini membuat anggur hitam efektif dalam mengobati kondisi seperti radang sendi. Faktanya, resveratrol dalam anggur hitam bekerja sebaik obat antiinflamasi nonsteroid.

11. Meningkatkan Penglihatan

Memasukkan anggur hitam ke dalam makanan Anda, terutama sejak usia muda, dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia. Anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang dikenal menjaga penglihatan yang baik.

12. Membantu Tidur Lebih Baik

Meskipun penelitian tentang topik ini terbatas, anggur secara umum merupakan sumber melatonin yang baik, yang dikenal sebagai hormon tidur. Mengonsumsi anggur hitam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efek ini.

Nilai Gizi Anggur Hitam

Anggur hitam mengandung 82 persen air sehingga membuatnya rendah kalori meskipun mengandung gula alami. Kandungan air yang tinggi tersebut membuat Anda merasa kenyang dan terhidrasi. Anggur hitam terutama merupakan sumber karbohidrat dan tidak mengandung banyak lemak atau protein. Namun, mereka menyediakan mineral dan vitamin penting. Berikut data nutrisi anggur hitam tanpa biji per 100g.

• Energi: 65 kkal

• Protein: 0,72 g

• Lemak: 0,72 g

• Serat: 0,7 g

• Karbohidrat: 17,39 g

• Gula: 16,67 g

• Kalsium: 14 mg

• Besi: 0,26 mg

• Natrium: 0 mg

• Vitamin C: 10,9 mg

• Vitamin A: 72 IU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini