Sukses

Waktu Tepat Mengonsumsi Buah-buahan Menurut Ahli Ayuverda

Perlu diketahui pula bahwa buah-buahan ternyata juga bisa memberikan efek buruk pada tubuh. Menurut Ayurveda, buah-buahan dapat berfermentasi di dalam perut jika dimakan dengan makanan yang lebih berat.

Liputan6.com, Jakarta Tak diragukan lagi, buah-buahan yang mengandung beragam vitamin begitu bermanfaat bagi tubuh. Beberapa ada yang berperan sebagai pengobatan alami hingga mendukung kesehatan tubuh. Namun terlepas dari itu, kapan kira-kira waktu terbaik mengonsumsi buah-buahan?

Perlu diketahui pula bahwa buah-buahan ternyata juga bisa memberikan efek buruk pada tubuh. Menurut Ayurveda, buah-buahan dapat berfermentasi di dalam perut jika dimakan dengan makanan yang lebih berat.

Melansir Timesnownews, Rabu (3/5/2023), seorang dokter Dixa Bhavsar Savaliya mengatakan, “Dari perspektif Ayurveda, buah segar dianggap sangat ringan dan mudah dicerna - relatif lebih ringan dibandingkan makanan lain. Saat dimakan dengan atau setelah makanan yang lebih berat, ia tetap berada di perut selama makanan terberat yang dibutuhkan untuk dicerna. Akibatnya, biasanya terlalu lama berada di perut, 'terlalu matang' oleh cairan pencernaan kita dan mulai berfermentasi.”

Dia menjelaskan lebih lanjut, “Dalam Ayurveda, hasil fermentasi yang terlalu matang dan difermentasi ini disebut sebagai “Ama” atau racun makanan yang tidak dicerna dengan benar. Limbah yang lembap dan asam ini terakumulasi di saluran pencernaan kita yang dapat memengaruhi pencernaan, menghambat ekskresi cairan pencernaan kita, penyerapan nutrisi, dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan, kepekaan terhadap makanan, dan peradangan usus.”

Aturan Ayurveda Untuk Makan Buah

Jadi, berikut ini beberapa aturan mengonsumsi buah-buahan menurut Ayuverda.

a. Ide yang baik untuk mengonsumsi buah saja dan tidak dengan atau setelah makan (sebagai makanan penutup).

b. Mengonsumsi buah 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.

c. Jangan mencampur buah-buahan dengan susu atau dadih (susu/dadih nabati baik-baik saja).

d. Minumlah jus buah hanya jika Anda memiliki pencernaan yang buruk, tidak dapat mengunyah dengan benar, atau lemah.

e. Jangan makan buah di sore atau malam hari.

Rekomendasi Ayurveda Untuk Mencampurkan Buah Dan Susu

1. Susu harus dikombinasikan hanya dengan buah yang murni manis dan matang.

2. Mangga manis yang matang dapat dikombinasikan dengan susu.

3. Alpukat dapat dicampur dengan susu (ini lembut, bermentega, dan sedikit astringen). Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, dan buah ara dapat dikonsumsi dengan susu.

4. Hindari mencampur semua buah beri (termasuk stroberi) dengan susu. Saat Anda menambahkan beri ke dalam susu, susu mungkin tidak langsung mengental. Namun, akan mengental setelah pencernaan awal.

5. Pisang, meskipun manis, setelah dicerna dengan susu, efek pasca-pencernaannya akan menjadi asam, jadi keduanya tidak boleh digabungkan.

6. Secara umum, ada baiknya mengonsumsi susu dan buah secara terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.