Sukses

Pendiri Raksasa Pengiriman Asia Lalamove Menyandang Gelar Miliarder

Selama dekade terakhir, Chow terus membangun Lalamove menjadi raksasa logistik dan pengiriman yang berbasis di Hong Kong, didukung oleh perusahaan seperti Sequoia China milik Neil Shen dan Hillhouse Capital milik Lei Zhang.

Liputan6.com, Jakarta Chow Shing Yuk, mantan pemain poker profesional yang belajar ekonomi di Universitas Stanford, telah bergabung dengan jajaran miliarder, tetapi bukan mengandalkan keberuntungan.

Selama dekade terakhir, Chow terus membangun Lalamove menjadi raksasa logistik dan pengiriman yang berbasis di Hong Kong, didukung oleh perusahaan seperti Sequoia China milik Neil Shen dan Hillhouse Capital milik Lei Zhang.

Perusahaan Chow, yang nama resminya adalah Lalatech Holdings, mengajukan penawaran umum perdana di Hong Kong yang mengungkapkan bahwa dia memiliki 25% saham melalui perwalian keluarga. Berdasarkan saham Chow dan hasil penjualan saham sebelumnya, diperkirakan kekayaan bersihnya menjadi $2,2 miliar, menurut perkiraan Forbes. Ini membuatnya menjadi miliarder pemula yang langka di Hong Kong.

Penggalangan dana pribadi terakhir Lalatech yaitu putaran Seri G senilai $230 juta pada November 2021, selama gelembung startup.

Menurut sebuah laporan oleh situs web teknologi Informasi, putaran itu menghargai Lalatech dengan harga $13 miliar. Sejak itu, banyak valuasi startup jatuh di tengah kenaikan suku bunga dan kekhawatiran resesi. 

Prospektus IPO perusahaan mengungkapkan bahwa Chow menjual 2,17 juta saham Lalatech kepada raksasa internet China Tencent, salah satu investornya, seharga $100 juta pada bulan Desember, menilai perusahaan tersebut sekitar $7,8 miliar. Lalatech tidak menanggapi permintaan komentar.

Permohonan raksasa logistik untuk mendaftar di Hong Kong datang hampir dua tahun setelah dilaporkan mengajukan secara rahasia untuk IPO AS untuk mengumpulkan setidaknya $1 miliar, menurut laporan Bloomberg News.

Selain Sequoia China dan Hillhouse, investor Lalatech lainnya termasuk FWD Group milik Richard Li, C Capital milik taipan real estate Adrian Cheng, dan Gaw Capital Partners milik Goodwin Gaw.

Chow, yang menjabat sebagai ketua dan CEO, ikut mendirikan Lalatech pada 2013 untuk mendigitalisasi layanan pemesanan dan pelacakan kargo, yang secara tradisional dilakukan melalui pusat panggilan.

Aplikasi seluler perusahaan menghubungkan individu dan bisnis dengan pengemudi untuk pengiriman barang, termasuk bahan makanan, furnitur, dan bahkan hewan peliharaan. Lalatech beroperasi di bawah merek Lalamove di Hong Kong dan Asia Tenggara, dan sebagai Huolala di Cina daratan.

Pada tahap ini, Lalatech berhasil mempersempit kerugian bersihnya sekitar 96% year-on-year menjadi $93 juta pada tahun 2022, menurut peraturan yang diajukan ke bursa saham Hong Kong. Selama periode yang sama, pendapatan perusahaan melonjak 23% menjadi sekitar $1 miliar, dengan bisnis China daratan menyumbang lebih dari 90% penjualannya.

Lalatech mengaitkan pertumbuhannya yang stabil dengan jaringan luas pedagang dan operator yang telah dibangunnya selama beberapa tahun terakhir.

Perusahaan ini melayani sekitar 11 juta rata-rata pedagang aktif bulanan di lebih dari 400 kota di Asia dan Amerika Latin pada tahun 2022, juga terhubung dengan rata-rata 1 juta operator aktif bulanan. Jaringan ini memungkinkan Lalatech menghasilkan lebih banyak pendapatan dari biaya keanggotaan dan komisi yang dibayarkan oleh operator.

Chow sendiri sempat menghabiskan sebagian besar jam kerjanya bermain poker Texas Hold ’em online. Setelahnya, Chow memutuskan untuk beralih jalur ke poker profesional.

Perubahan karir yang tidak biasa ini terbukti benar karena Chow mengakumulasi kemenangan sebesar HK$30 juta ($3,8 juta) dalam kurun waktu delapan tahun.

Pada 2013, Chow memulai Lalatech (yang pada saat itu disebut EasyVan) dengan salah satu pendiri Gary Hui dan Matthew Tam setelah frustrasi menggunakan pusat panggilan untuk memesan layanan pengiriman. Dalam wawancara Chinese University of Hong Kong, Chow mengungkapkan ambisinya untuk menjadikan Lalatech kata ganti untuk "pengiriman" dalam kamus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.