Sukses

Penyebab Warna Bibir Gelap Hingga Cara Mencerahkannya

Masalah tersebut harus diselesaikan dengan mengatasi akar penyebabnya. Nah, dalam hal ini ada beberapa obat alami yang bisa mencerahkan bibir secara temporer.

Liputan6.com, Jakarta Warna bibir yang gelap ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika Anda menginginkan warna yang lebih cerah, lima tips rumahan berikut ini mungkin bisa membantu mengatasinya.

Warna bibir dapat bervariasi pada tiap orang, seperti halnya warna kulit. Dalam beberapa keadaan, perubahan warna atau keadaan bisa menjadi tanda bahwa bibir membutuhkan perhatian lebih.

Bibir bisa menjadi gelap karena penggunaan tembakau, stres, obat-obatan, dan kondisi medis. Masalah tersebut harus diselesaikan dengan mengatasi akar penyebabnya. Nah, dalam hal ini ada beberapa obat alami yang bisa mencerahkan bibir secara temporer.

Namun sebelum itu, ketahui bahwa rona bibir setiap orang secara alami bervariasi. Melanin, pigmen, bertanggung jawab atas rona kulit. Warna kulit yang lebih gelap dihasilkan dari memiliki lebih banyak melanin daripada memiliki lebih sedikit melanin. Hiperpigmentasi dapat terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan pada kulit.

Selain itu, berkembangnya bercak kulit yang lebih gelap dari kulit di sekitarnya merupakan gejala hiperpigmentasi. Bintik-bintik usia adalah contoh khas dari hiperpigmentasi. Banyak orang menganggap penyakit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ini tidak berbahaya. Hampir semua bagian tubuh, termasuk bibir, bisa terkena dampaknya.

Melansir Timesnownews, Rabu (15/2/2023), berikut ini beberapa obat rumahan untuk mencerahkan bibir yang bisa Anda coba.

1. Lulur madu

Sel kulit mati dapat dihilangkan dengan pengelupasan bibir secara lembut. Proses pembuatan lulur madu untuk bibir ini yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh (sdt) masing-masing madu dan gula. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bibir dengan menggosoknya perlahan dengan gerakan melingkar kecil. Gunakan air hangat untuk membilasnya.

Namun perlu diperhatikan, eksfoliasi terlalu sering bisa membuat bibir Anda sensitif dan iritasi. Sebaiknya lakukan eksfoliasi bibir ini seminggu sekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pijat bibir dengan minyak almond

Menerapkan minyak ke bibir dapat membantu melembabkannya dan meningkatkan aliran darah. Bibir termasuk pembuluh darah yang berkontribusi pada warnanya. Sementara jika Anda memijatnya, itu dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Sebagai perawatan alami bibir kering, gunakan almond atau minyak kelapa berkualitas tinggi. Sekali atau dua kali sehari, pijat lembut minyak ke bibir Anda. Hasilnya baru akan terlihat dalam satu atau dua hari.

3. Lipbalm bibir DIY

Penggunaan lip balm secara rutin dapat menjaga bibir tetap sehat dan terhidrasi. Dalam microwave, tambahkan 1 sendok makan (sdm) pelet lilin lebah. Selama 45 detik, masukkan ke dalam microwave dengan daya tinggi. Tambahkan 1 sdm minyak kelapa, dan microwave selama 45 detik tambahan.

Setelah semua bahan meleleh, microwave campuran selama 30 detik. Kemudian, setelah 15 detik lagi di dalam microwave, tambahkan 3 tetes minyak esensial peppermint. Dalam panci atau tabung kecil, tuangkan campurannya. Beri waktu lima menit untuk mendingin dan memadat. Agar lip balm tidak meleleh, simpan di tempat yang sejuk.

4. Minum cukup cairan

Salah satu cara terbaik untuk merawat kulit adalah dengan mengonsumsi cairan yang cukup. Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang bisa dilihat pertama kali. Untuk minuman yang enak dan dingin, tambahkan seiris mentimun atau lemon ke dalam segelas air.

5. Lemon

Iris lemon, tempelkan ke bibir tidak lebih dari satu menit, lalu bilas mulut Anda dengan air hangat. Lemon mengandung asam sitrat, yang memiliki efek pada pengelupasan kulit. Asam ini dapat membantu dalam pengangkatan sel kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.