Sukses

Peran Agen Perjalanan Online dalam Penyelenggaraan ATF 2023

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 bertema “A Journey to Wonderful Destination” oleh  Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Candi Prambanan, Yogyakarta, diharapkan mampu bangkit kembali dan pergerakan pariwisata di wilayah ASEAN diharapkan dapat meraih kembali puncak kejayaannya di tahun ini dan di masa yang akan datang. 

“Kita patut bersyukur karena kawasan ASEAN saat ini berada di garis paling depan dalam pemulihan sektor pariwisata di negara Asia Pasifik. Berdasarkan catatan World Trade Organization (WTO), jumlah kedatangan wisatawan mancanegara kawasan Asia-Pasifik pada Januari-September 2022, tercatat naik sebesar 11% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang ikut memberikan sambutan dalam acara pembukaan tersebut menyatakan Kemenparekraf saat ini telah menggunakan strategi khusus untuk mendorong tercapainya pemulihanpariwisatanasional,yaknidenganformula3G(Gercep,GeberGaspol). Pertama, Gerak Cepat (Gercep) untuk mengejar ketertinggalan yang telah dialami industry selama pandemic. Kedua yaitu Gerak Bersama (Geber) dengan merangkul semua pihak yang terlibat. Dan yang ketiga adalah Garap Semua Potensi Untuk Lapangan Usaha (Gaspol) dengan memaksimalkan semua kesempatan di lapangan yang harus digarap.

Kolaborasi terus digenjot pemerintah guna mencapai target-target yang sudah dicanangkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah membuka banyak pintu kolaborasi seperti salah satunya program Co-Branding untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan pariwisata Indonesia. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan OTA Indonesia, salah satunya tiket.com. Keterlibatan pihak swasta turut memberikan dukungan yang lebih besar lagi kepada program-program pariwisata pemerintah.

“Sebagai pionir OTA di Indonesia dan mitra strategis dari Kemenparekraf, tiket.com  membuka pintu dan berinisiatif untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama bersama OTA yang mempunyai peran penting dalam kebangkitan pariwisata di Indonesia. Tahun 2023 ini, kami kembali membawa semangat kolaborasi tersebut melalui ATF 2023. Acara ini kami harapkan dapat menjadi ajang untuk memberikan akselerasi terhadap kemajuan pariwisata Indonesia kedepannya dan menggaet lebih banyak lagi wisatawan asing ke Indonesia.” Ujar Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) tiket.com, Gaery Undarsa.

“OTA di Indonesia memainkan peran penting dalam tercapainya program-program pariwisata pemerintah. Oleh karenanya, kami mendukung inisiatif-inisiatif yang dilakukan tiket.com guna memajukan pariwisata nasional, terutama di destinasi-destinasi prioritas” ujar Sandiaga pada kesempatan terpisah dalam audiensi bersama tim tiket.com beberapa hari sebelum kegiatan ATF 2023 berlangsung.

 

Pada awal tahun ini tiket.com turut mendukung perhelatan ATF 2023 menjadi Official Ground Transportation Partner yang dihadiri lebih dari 15 negara dan organisasi internasional untuk mengakomodir transportasi darat tamu menteri dan delegasi. Dukungan ini merupakan bentuk nyata untuk terus mendukung berbagai kegiatan pemerintah yang mampu mendongkrak kemajuan pariwisata Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.