Sukses

14 Makanan Pendukung Kesehatan Gigi dan Gusi, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Merawat gigi dan gusi tidak hanya dengan menggosok gigi setiap hari. Akan tetapi, mengonsumsi makanan yang baik untuk gigi dan gusi juga termasuk salah satu upaya yang bisa dilakukan.

Biasanya orang-orang berfokus pada hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kemudian menghindarinya. Namun, apakah Anda tahu apa saja makanan yang justru menyehatkan gigi dan gusi?

Bagi yang belum tahu, ternyata ada beberapa jenis makanan yang berperan untuk membantu mencegah perubahan warna gigi, melawan penyakit gusi, mencegah gigi berlubang, hingga menjaga kesehatan gigi secara umum. Itu ditemukan mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran.

“Diet sehat yang mengandung buah dan sayuran renyah akan membantu menghilangkan plak dari gigi Anda,” kata Marc Lowenberg seperti melansir Well and Good, Jumat (13/1/2023).

Selain itu, diet rendah gula juga akan membantu mengurangi jumlah plak yang menempel pada gigi yang menyebabkan pembusukan dan penyakit gusi.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada 14 makanan yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Makanan tersebut antara lain:

1. Sayuran renyah

“Saya sarankan menimbun sayuran renyah. Ini karena ruffage akan menghilangkan beberapa plak, yaitu zat bakteri yang menempel di permukaan gigi Anda,” kata Lowenberg. Makanan itu seperti wortel, brokoli, paprika, dan bengkuang yang renyah.

2. Produk susu

“Susu, yogurt, keju, dan produk susu lainnya sangat bagus untuk memperkuat enamel gigi dan melawan gigi berlubang, karena mengandung kalsium dan protein yang tinggi,” jelas kepala petugas klinis SmileDirectClub Jeffrey Sulitzer.

Menurut National Institutes of Health (NIH), hampir semua kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi, yang mendukung struktur dan kekerasannya. Kekurangan kalsium telah terbukti meningkatkan risiko kehilangan gigi.

3. Kacang

“Anda ingin mencari kacang yang bebas zat aditif, khususnya gula, dan yang tinggi serat dan kalsium, seperti almond, yang dapat membantu memperkuat enamel gigi,” kata Sulitzer.

Menurut American Dental Association (ADA), kacang-kacangan juga merupakan makanan yang bagus untuk gigi karena rendah karbohidrat, yang mengaktifkan bakteri penghasil asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Manfaat lainnya adalah mengunyah kacang membantu merangsang produksi air liur, yang juga dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.

4. Sayuran berdaun

“Sayuran berdaun, seperti selada romaine dan bayam, yang mengandung folat dapat memperkuat enamel, melindungi dari penyakit gusi, dan mengurangi peradangan gusi ,” kata Sulitzer. Adapun makanan lainnya antara lain edamame, lentil, asparagus, dan kacang hitam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Menyehatkan Gigi dan Gusi

5. Bawang merah dan bawang putih

“Banyak orang tidak tahu bahwa makanan super aromatik ini tidak hanya membuat hidangan Anda lebih enak, tetapi juga bermanfaat untuk gigi,” kata ahli gigi Listerine Catrise Austin.

Ia bahwa bawang merah dan bawang putih sama-sama memiliki khasiat yang dapat menurunkan bakteri penyebab radang gusi, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan bau mulut.

6. Jamur shiitake

“Jamur shiitake mengandung polisakarida—sejenis karbohidrat—yang disebut lentinan, yang mengatur sistem kekebalan tubuh dan memecah plak dan bakteri di mulut Anda untuk gusi dan gigi yang lebih sehat,” kata Austin.

"Cobalah menambahkan jamur shiitake ke omelet, sup, atau tumis sayuran campuran untuk mendapatkan manfaat kesehatan mulut,” tambahnya.

7. Salmon

“Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu membuat mulut Anda lebih tahan terhadap infeksi gusi tingkat lanjut dan secara mengejutkan dapat membantu gusi Anda sembuh lebih cepat selama perawatan penyakit gusi,” jelas Austin.

Dia mengimbuhkan, "Ikan lain yang kaya omega-3 adalah mackerel, tuna, cod, sarden, dan herring."

8. Stroberi

“Percaya atau tidak, stroberi bisa menghilangkan noda dari gigi Anda,” kata Austin.

"Stroberi memiliki asam yang disebut asam malik di dalamnya yang memiliki sifat memutihkan yang unik," tambah dia.

Hal yang sama berlaku untuk apel, makanan yang secara alami bagus untuk membantu menjaga gigi Anda tetap bersih.

9. Apel

Berbicara soal apel, buah satu ini juga masuk dalam daftar makanan terbaik untuk gigi.

“Sebuah apel sehari mencegah pembusukan,” kata dokter gigi Sharon Huang.

Alasannya, lanjut Huang, “Makanan berserat seperti apel dan pir baik untuk kesehatan jantung dan gusi karena Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu mengunyah untuk memakan buah ini dengan benar. Jadi, Anda merangsang gusi dan meningkatkan produksi air liur, yang membantu menetralkan keasaman di mulut dan mengurangi risiko gigi berlubang.”

 

 

3 dari 4 halaman

10. Kayu manis

 

Huang mengatakan, kayu manis bagus untuk membunuh bakteri mulut. Anda bahkan dapat membilasnya sendiri dan menjadikannya bagian dari rutinitas kesehatan mulut harian demi membantu mencegah penumpukan plak dan bakteri.

Untuk melakukannya, Huang menginstruksikan untuk menggunakan air mendidih dan mencampurkan kayu manis. Setelah campuran mendingin, kumur-kumur di mulut Anda selama beberapa menit seperti Anda menggunakan obat kumur biasa, lalu ludahkan.

11. Permen karet tanpa gula

Secara teknis permen karet bukan makanan, tapi Huang mengatakan varietas tanpa gula dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

“Kebanyakan permen karet tanpa gula mengandung xylitol, suatu bentuk alkohol gula, yang telah terbukti efektif mencegah gigi berlubang pada orang dewasa dan memberikan perlindungan itu kepada bayi yang sedang berkembang di dalam rahim,” katanya.

Sebuah studi baru-baru ini bahkan mengaitkan mengunyah permen karet xylitol dengan pengurangan kelahiran prematur pada wanita hamil karena kemampuannya mengurangi peradangan.

12. Mint

“Coba kunyah daun mint segar untuk meningkatkan nafas segar dan dapatkan manfaat dari sifat antibakterinya,” kata Huang.

“Ludahkan saja daunnya setelah sekitar satu menit,” tambahnya.

13. Protein tanpa lemak

Menambahkan protein tanpa lemak ke dalam makanan adalah cara lain untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi agar tetap dalam kondisi prima.

“Protein dan fosfor yang ditemukan dalam protein tanpa lemak seperti ayam dan kalkun dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi,” kata Huang.

Adapun makanan kaya fosfor lainnya, seperti ikan dan telur juga bisa membantu.

14. Makanan gandum utuh

Makanan biji-bijian utuh—misalnya oat, barley, dan beras merah—juga bagus untuk kesehatan mulut. Huang mencatat, “biji-bijian utuh memiliki vitamin B dan zat besi yang membantu menjaga gusi tetap sehat, sedangkan magnesium menjaga gigi tetap kuat”.

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Kerusakan Gigi

Penyebab terbesar kerusakan gigi, menurut Lowenberg, adalah mengonsumsi makanan yang menempel di permukaan.

"Jika diet Anda terutama terdiri dari pasta dan roti, yang berubah menjadi gula, itu dapat menyebabkan kesehatan mulut yang buruk," katanya.

Huang pun setuju dengan saran ini dan menambahkan bahwa “pati dapat tersangkut di mulut dan di sela-sela gigi, meningkatkan risiko plak dan gigi berlubang”.

Di samping itu, makanan manis pada umumnya juga bukan yang terbaik untuk kesehatan mulut.

“Permen, terutama permen yang lengket, mengganggu pH mulut dan meningkatkan risiko gigi berlubang,” kata Huang.

“Soda dan minuman olahraga juga harus dihindari. Gula cair ini menempel pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah kesehatan mulut lainnya,” tambahnya.

Jika Anda menikmati suguhan manis, Huang hanya menyarankan untuk segera membilas dan menyikat gigi agar gula tidak terperangkap dalam perangkap yang membuat gigi berlubang.

Selain itu, “orang yang minum banyak minuman keras cenderung memiliki mulut yang lebih kering juga,” kata Lowenberg. “Selain itu, menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol yang tinggi dapat menyebabkan bau mulut, jadi pastikan untuk selalu berkumur dengan air setelahnya.”

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS