Sukses

Cari Tahu Manfaat Buah Persik Buat Kesehatan Tubuh

Agar Anda tahu, simaklah berikut ini beragam manfaat buah persik.

Liputan6.com, Jakarta Buah persik berukuran sedang memiliki sekitar 11 persen vitamin C. Oleh karena itu, buah satu ini menjadi pilihan untuk dikonsumsi karena berperan dalam menjaga kesehatan.

Selain mengandung nutrisi yang membantu tubuh menyembuhkan luka dan menjaga sistem kekebalan tetap kuat, buah persik juga membantu menangkal radikal bebas atau bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker karena dapat merusak sel-sel.

Lebih dari itu, masih ada lagi manfaat yang ditawarkan buah yang memiliki nama latin Prunus persica ini.

Agar Anda tahu, simaklah berikut ini beragam manfaat buah persik seperti dilansir dari laman WebMD, Kamis (27/10/2022).

1. Membantu menjaga penglihatan

Antioksidan yang disebut beta-karoten memberi buah persik warna oranye keemasan. Saat mengonsumsi buah ini, tubuh Anda akan mengubahnya menjadi vitamin A, yang merupakan kunci untuk penglihatan yang sehat. Selain itu, buah ini juga membantu menjaga bagian lain dari tubuh Anda, seperti sistem kekebalan.

2. Memperlancar pencernaan

Satu buah persik ukuran sedang dapat memberi Anda sebanyak 6-9 persen serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Makanan berserat tinggi ini dapat melindungi Anda dari masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker kolorektal. Akan tetapi, manfaat lain yang mungkin paling Anda rasakan adalah dapat membantu mencegah sembelit.

3. Membantu menjaga berat badan

Dengan kalori kurang dari 60, buah persik tidak memiliki lemak jenuh, kolesterol, atau natrium. Justru buah persik ini mengandung lebih dari 85 persen air. Plus, makanan tinggi serat yang lebih mengenyangkan.

4. Melengkapi vitamin E yang dibutuhkan tubuh

Selain kacang-kacangan dan biji-bijian, buah persik juga termasuk sumber vitamin E yang paling terkena. Antioksidan ini penting dibutuhkan bagi banyak sel tubuh. Selain itu, juga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan membantu memperlebar pembuluh darah agar darah tidak membeku di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

5. Menjaga kesehatan tulang

Kalium dapat membantu menyeimbangkan efek dari diet tinggi garam. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah, bersama dengan kemungkinan batu ginjal dan keropos tulang. Anda membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium setiap hari dan jauh lebih baik mendapatkannya dari makanan daripada suplemen. Satu buah persik kecil memiliki 247 miligram potasium, dan satu buah persik ukuran sedang dapat memberi Anda sebanyak 285 miligram potasium.

6. Mengatasi masalah pada usus

Jika memiliki masalah perut, camilan buah persik kalengan mungkin merupakan ide yang bagus. Mereka memiliki tekstur lembut, lebih rendah serat daripada buah segar, dan mudah dicerna. Sebagai bagian dari apa yang disebut “diet lunak saluran cerna”, buah persik kalengan dapat membantu meredakan sakit perut serta meredakan diare dan gas.

7. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi

Meski manis, buah persik dapat membantu menjaga kesehatan gigi karena mengandung fluoride. Mineral ini, yang Anda temukan dalam pasta gigi, juga ada dalam beberapa makanan, termasuk buah persik. Ini membantu menyingkirkan kuman di mulut Anda yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.