Sukses

5 Makanan Ini Bantu Jantung Tetap Sehat dan Turunkan Kolesterol, Apa Saja?

Makanan yang dimakan ini berperan dalam menjaga tubuh agar angka kolesterol tersebut tetap rendah.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab dari masalah kesehatan jantung. Selain obat tertentu, pasien juga bisa mengonsumsi beberapa makanan khusus untuk membantu mengatasi permasalahan ini.

Makanan yang dimakan ini berperan dalam menjaga tubuh agar angka kolesterol tersebut tetap rendah. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu membatasi diet untuk melihat perubahan positifnya.

Meskipun ada variasi individu yang besar untuk kolesterol makanan, hanya membuat beberapa perbaikan kecil dalam kebiasaan makan Anda dapat menghasilkan pengurangan kolesterol LDL yang signifikan atau kolesterol “jahat” yang berkontribusi pada penumpukan lemak di arteri.

Untuk mengetahuinya, berikut ini lima makanan yang jika secara teratur dikonsumsi dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung seperti melansir CNBC, Selasa (13/9/2022).

1. Oatmeal dan gandum

Oat mengandung banyak serat, termasuk serat larut yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaan. Serat secara umum juga membantu menghindari lonjakan insulin yang dapat menaikkan kadar kolesterol jahat tersebut.

Banyak orang Amerika tidak mendapatkan cukup serat, meskipun banyak manfaatnya. Meningkatkan asupan 10 gram per hari dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 14 persen dan kematian akibat penyakit jantung sebesar 27 persen, menurut sebuah penelitian .

2. Almond

Sebuah studi 2018 menemukan bahwa almond dapat menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, juga membantu mempertahankan atau bahkan meningkatkan kolesterol HDL atau jenis “baik” yang membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darah Anda.

Jika Anda bukan penggemar almond, pilihan lain yang telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol termasuk hazelnut, kacang macadamia, walnut, dan pistachio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Biji chia

Selanjutnya ada biji chia. Jenis biji-bijian ini menyediakan banyak asam lemak omega-3 esensial. Dengan meningkatkan konsumsi lemak sehat ini bahkan satu gram per hari telah dikaitkan dengan 16 persen pengurangan risiko masalah kardiovaskular.

Meskipun asam lemak omega-3 memiliki efek yang relatif kecil pada LDL, biji chia dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan membantu menurunkan trigliserida , sejenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda.

4. Brokoli

Studi telah menunjukkan hubungan antara mengonsumsi sayuran dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Secara khususnya, brokoli kaya akan serat larut yang sangat baik untuk kolesterol tinggi. Sayuran penghilang kolesterol lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk bayam, kubis Brussel, dan collard hijau.

Selain memasok banyak vitamin dan antioksidan, makan sayuran secara teratur telah terbukti membantu menurunkan kolesterol apalagi dengan asupan yang lebih tinggi terkait dengan kadar LDL yang semakin rendah.

5. Semangka

Ganti camilan gula dengan semangka manis jika Anda ingin menurunkan kolesterol. Semangka secara alami mengandung likopen, yang memiliki sifat penurun lipid, mengurangi kolesterol total dan LDL.

Bagi Anda yang tidak suka semangka, pertimbangkan untuk menambahkan apel, anggur, stroberi, buah jeruk, atau bahkan alpukat ke dalam diet. Semua buah tersebut kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan kolesterol LDL.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.