Sukses

Ketahui Lebih Jauh Masalah Kaki Bunion, Ini Penyebab hingga Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Bunion adalah kondisi medis paling umum yang mempengaruhi bagian depan kaki pada orang dewasa. Masalah ini ditandai dengan tonjolan tulang di dekat bagian bawah jempol kaki atau jari kelingking atau disebut bunionette.

Lantas, apa bunion itu? Simak penjelasannya lebih lanjut.

Dilansir dari Forbes, Senin (1/8/2022), bunion atau hallux valgus adalah ketidaksejajaran hallux (jari kaki besar) dan tulang metatarsal pertama. Secara bersamaan keduanya menyebabkan benjolan menonjol keluar di pangkal jempol kaki. Bunion terjadi ketika tulang-tulang sendi metatarsophalangeal (MTP) atau juga disebut sebagai "jari-jari kaki” bergeser keluar dari tempatnya, dengan jempol kaki secara progresif mulai condong ke arah yang kedua.

Bunion dianggap sebagai kelainan anatomi kaki dan berkembang selama beberapa tahun karena tekanan dan kekuatan yang terus menerus diterapkan pada sendi MTP.

Jenis

Ada banyak jenis bunion, menurut Ahli Penyakit Kaki yang berbasis di New York Suzanne Levine. Adapun jenis-jenis bunion antara lain:

a. Bunion sederhana merupakan benjolan di atas atau di samping sendi jempol kaki, dianggap kecil atau besar.

b. Bunion dengan iritasi kulit, yaitu kelainan bentuk sendi yang sama dengan bunion sederhana tetapi dengan lecet kulit yang disebabkan oleh gesekan dari sepatu.

c. Bunion dengan hallux limitus, mengubah biomekanik kaki — jempol kaki menjadi macet dan menyebabkan bunion terbentuk di bagian atas, bukan di bagian bawah atau samping kaki.

d. Bunion penjahit, jenis bunion ini (juga disebut sebagai bunionette) muncul di jari kelingking.

Penyebab

Bunion disebabkan oleh sejumlah faktor yang berkontribusi pada keparahan kondisi. Menurut American Podiatric Medical Association (APMA), faktor-faktor muncul bunion meliputi:

a. Keseimbangan kekuatan yang terganggu yang diberikan pada sendi dan tendon kaki yang disebabkan oleh mekanik dan struktur kaki yang tidak normal.

b. Tekanan abnormal pada sendi MTP karena mekanisme kaki yang diturunkan, seperti ligamen yang longgar

c. Cedera kaki

d. Kaki datar atau lengkungan rendah

e. Gangguan neuromuskular, seperti cerebral palsy

f. Cacat bawaan, seperti kaki rata

g. Radang sendi dan penyakit radang sendi

h. Mengenakan sepatu yang tidak pas yang menekan jari kaki, seperti sepatu hak tinggi

i. Beberapa profesi yang memberikan banyak tekanan pada kaki, seperti balet

Selain itu, selama kehamilan ketika hormon relaksin dilepaskan, ligamen—termasuk ligamen kaki—mengendur dan dapat menyebabkan bunion terbentuk.

 

2 dari 3 halaman

Faktor Risiko Bunion

Risiko yang terkait dengan bunion bervariasi dari tiap orang. Berikut ini adalah yang paling umum, menurut Levine:

a. Kerusakan kulit yang memungkinkan bakteri masuk sehingga menyebabkan infeksi

b. Rheumatoid arthritis, yang dapat mempengaruhi sendi kaki sehingga membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan bunion

c. Masalah pergelangan kaki, lutut, dan gaya berjalan

d. Nyeri keseluruhan di kaki

e. Nyeri lokal di jari kaki sehingga terasa di sendi jempol kaki yang menonjol atau di pangkal kaki

f. Peningkatan risiko jatuh karena kemungkinan ketidakstabilan yang lebih tinggi pada kaki Anda

“Perubahan biomekanik kaki juga dapat menyebabkan neuroma (saraf terjepit), hammertoes (tekuk pada sendi tengah) dan kuku tumbuh ke dalam,” kata Levine. Oleh karena itu, bunion dapat sepenuhnya mempengaruhi pergerakan kaki, seperti dari tendon Achilles, untuk membantu pergerakan, tambahnya.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala bunion dapat bervariasi, meskipun sebagian besar menyebabkan beberapa jenis nyeri kaki, dengan tanda yang paling umum adalah nyeri saat memakai sepatu atau berjalan. Beberapa bunion bisa sangat ringan atau sangat parah, dan deformitas bisa menjadi progresif dengan trauma berulang dan perlengkapan sepatu yang tidak mendukung.

"Orang biasanya melihat benjolan di dekat jempol kaki di bagian tengah kaki, yang bisa besar, merah dan menyakitkan," kata Ahli Bedah Kaki dan Pergelangan Kaki di Orange County, California Ebonie Vincent. "Anda mungkin juga merasakan sakit saat masuk ke sepatu dan mati rasa di jempol kaki."

Tanda-tanda bunion lainnya antara lain:

a. Pembengkakan, kapalan atau benjolan keras di pangkal jempol kaki

b. Kapalan di bawah bola kaki

c. Jagung atau iritasi lain yang disebabkan oleh tumpang tindih jari kaki pertama dan kedua

d. Gerakan jempol kaki yang terbatas

e. Kemerahan, bengkak atau nyeri pada sendi MTP

Selain itu, keseimbangan yang buruk, masalah pemasangan sepatu sehari-hari, dan nyeri pada telapak kaki disebut-sebut sebagai gejala bunion. Semuanya semakin diperparah oleh aktivitas menahan beban yang berkepanjangan, seperti berdiri dalam waktu lama.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan

Pilihan pengobatan dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan bunion. Beberapa pilihan pengobatan dapat mengurangi rasa sakit dan menghentikan perkembangan bunion, kata Levine.

“Ortotik khusus, terapi fisik, terapi laser, dan suntikan di bawah fluoroskopi (sistem imajinasi menggunakan sinar-X) dapat membantu,” tuturnya.

Latihan penguatan otot sederhana—khususnya di kaki pendek, yang merekrut otot-otot di dalam kaki yang melebarkan jari-jari kaki dan mengangkat tumit—telah terbukti meningkatkan kekuatan pada otot-otot kaki utama. Latihan itulah yang dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh bunion.

Intervensi lain termasuk bantalan bunion untuk mencegah gesekan yang tidak nyaman, menjaga berat badan yang sehat untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada kaki, mengoleskan es ke bunion secara bertahap 5 menit dan minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas saat rasa sakit berlanjut.

Meskipun beberapa alat dijual untuk pengobatan bunion, Levine memperingatkan agar tidak menggunakannya. “Paling-paling, mereka tidak melakukan apa-apa; paling buruk, mereka menyebabkan lebih banyak kerusakan.”

Sepatu tertentu, seperti sepatu olahraga dengan toe box yang lebih lebar yang dapat menampung kaki yang lebih lebar akibat bunion, itu dapat memberikan kenyamanan bagi Anda, kata Vincent.

“Ada juga sandal dengan area jempol kaki yang berfungsi sebagai spacer untuk meluruskan bunion saat memakainya.” Beberapa sepatu yang mesh atau melar juga bisa menampung bunion.

Meskipun operasi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan bunion sepenuhnya, itu tidak selalu diperlukan, kata Levine. “Alasan terbesar untuk menjalani operasi adalah untuk rasa sakit dan ketidakstabilan, dan jika manfaatnya lebih besar daripada risikonya, maka memperbaiki bunion Anda dengan operasi jelas merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan,” tambah Vincent.

Sementara itu, jenis operasi yang diperlukan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan bunion, tetapi biasanya melibatkan koreksi tendon, ligamen, dan kapsul sendi untuk memposisikan kembali jempol kaki Anda. Karena operasi bunion bukanlah pengobatan terbaik untuk semua orang, penting untuk berbicara dengan ahli penyakit kaki Anda tentang pilihan mana yang tepat untuk Anda.

Pencegahan

Karena memiliki komponen genetik, bunion tidak dapat dicegah, kata Vincent. Dia mengatakan, “Bunion dapat dikelola dengan sepatu yang mendukung, peregangan jaringan lunak, atau pengatur jarak jari kaki untuk menyelaraskan sendi dengan lebih baik, tetapi perangkat ini hanya memberikan bantuan sementara.”

Alas kaki khusus yang dirancang untuk bunion, seperti custom orthotics, juga dapat mengurangi tekanan pada kaki dan rasa sakit yang dialami saat berdiri di atas kaki Anda. Namun, kecuali ditangani dengan pembedahan, bunion yang berkembang tidak akan hilang tanpa perawatan bedah, kata Levine.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati