Sukses

Flip Kantongi Pendanaan Seri B Total Senilai USD 100 Juta

Liputan6.com, Jakarta Flip, perusahaan teknologi keuangan meraih pendanaan Seri B putaran. Pendanaan baru ini membawa total Seri B Flip menjadi lebih dari USD 100 juta.

Pendanaan Seri B ini dipimpin Tencent dengan partisipasi dari Block, Inc. (sebelumnyabernama Square, Inc.) dan investor pendahulu (existing), Insight Partners.

Sejumlah investor global terkemuka ikut serta dalam putaran ini, termasuk Guillaume Pousaz, Pendiri & CEO Checkout.com, melalui Zinal Growth; Gokul Rajaram, Executive diDoordash dan Board Member di CoinBase dan Pinterest; dan Michael Vaughan, mantan Chief Operating Officer (COO) Venmo.

Sebelumnya, Flip menerima pendanaan Seri B Fase Pertama pada Desember 2021 yang dipimpin Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Flip akan menggunakan investasi ini untuk pengembangan tim dengan fokus pada tim teknik (engineering) dan produk (product), investasi dalam pengembangan produk baru dan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan, serta mempercepat ekspansi bisnis.

“Peluang pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sangat terbuka dengan populasi yang masif dan demografi yang menguntungkan,” kata Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Flip, Rafi Putra Arriyan.

Dia mengatakan jika pihaknya fokus membantu jutaan orang Indonesia, baik individu maupun bisnis, melakukan berbagai transaksi uang dengan biaya yang wajar melalui platform digital Flip.

"Kami percaya dengan potensi pembayaran P2P(peer-to-peer) yang sangat besar di Indonesia di mana sudah menjadi kebiasaan untuk mengirim uang melalui transfer, baik untuk keperluan pribadi, keluarga atau rumah tangga. Hingga saat ini, kami telah berhasil mengoptimalkan segmen-segmen tersebutmelalui pemahaman kami yang berfokus pada pelanggan,” jelas dia

 

2 dari 2 halaman

Tujuan Sama

Chief Operating Officer (COO) Flip, Gita Prihanto mengatakan, sangat senang menyambut Tencent dan Block, yang memiliki tujuan yang sama untuk membuat fintech dapat diakses oleh semua orang di Indonesia.

"Pengetahuan dan keahlian dari mitra kami, baik institusi global maupun angel investor, membantu kami dalam mengembangkan bisnis di tengah situasi penuh tantangan yang dihadapi pasar global dan lanskap teknologi saat ini. Investasi ini memperkuat aspirasi kami untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat dengan terus memperluas solusi fintech Flip dan mempromosikan ekosistem ekonomi digital di Indonesia,” jelas dia.

Flip bertujuan menjadi perusahaan teknologi keuangan yang fokus terhadap pelanggan dengan membantu individu dan bisnis melakukan transaksi keuangan secara adil (fair) dari mana saja untuk siapa saja melalui platform digital.

Beberapa produk Flip adalah layanan pembayaran P2P (peer-to-peer) online dengan transfer antarbank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang internasional (Flip Globe) ke lebih dari 45 negara, isi ulang atau top-up e-wallet, pembelian produk digital (pulsa, paket data, tagihanlistrik, dan token listrik), dan solusi untuk bisnis/perusahaan (Flip for Business).