Sukses

Coba 5 Bahan Alami Ini Buat Mencerahkan Area Lutut dan Siku

Berikut ini bahan-bahan yang bisa membantu Anda mencerahkan area lutut dan siku yang berwarna lebih gelap.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang mungkin ada yang memiliki area tubuh berwarna lebih gelap dibanding bagian lainnya. Biasanya area tersebut terletak di bagian persendian, seperti lutut atau siku. Alhasil agar memiliki warna kulit yang merata, akhirnya mereka pun melakukan perawatan untuk menghilangkannya.

Warna kulit yang cenderung lebih gelap tersebut mungkin terkadang mengganggu bagi sebagian orang. Sebab, menjadikan dirinya tidak percaya diri ketika memakai gaun atau atasan tanpa lengan.

Jika Anda termasuk orang yang tidak nyaman dengan hiperpigmentasi pada siku dan lutut, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa cara untuk membantu mencerahkannya.

Melansir laman Timesnownews, Kamis (10/2/2022), berikut ini bahan-bahan yang bisa membantu Anda mencerahkan area lutut dan siku yang berwarna lebih gelap.

1. Kunyit

Anda bisa membuat menghaluskan kunyit untuk mengatasinya. Agar lebih maksimal, tambahkan pula satu sendok yoghurt dan madu ke dalam kunyit tersebut.

Kemudian aduk merata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kulit. Setelah 15 menit, baru Anda bisa membilasnya.

2. Lidah buaya

Tanaman ini mungkin terkenal dengan beragam khasiatnya. Selain berguna untuk rambut, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit area lutut dan siku.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki efek menenangkan dan sifat mencerahkan untuk kulit.

Sebab, kandungan di dalamnya dapat bekerja untuk menghancurkan sel-sel melanin yang ada. Itulah yang dapat mengurangi munculnya hiperpigmentasi.

3. Lemon

Selain untuk diet, lemon juga dikenal mengandung sifat pemutih alami. Lemon dianggap mampu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah.

Untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit area lutut dan siku, Anda bisa menggosokkan lemon secara lembut. Demi hasil optimal, Anda juga bisa menambahkan sedikit soda kue dalam penerapannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Lain

4. Kentang

Bila memiliki stok kentang yang tidak ingin dimasak, Anda bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit. Sebab, kentang juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mencerahkan area lutut dan siku yang berwarna gelap.

Caranya cukup mudah hanya dengan menggosokkan kentang mentah atau mengoleskan ekstrak kentang ke area lutut dan siku. Karena mengandung sifat pemutih alami, kentang akan membantu Anda menghilangkan bintik dan noda hitam di kulit.

5. Soda kue dan susu

Bahan terakhir yang dapat membantu mencerahkan area lutut dan siku adalah soda kue dan susu. Kedua bahan tersebut berguna dan bisa dijadikan sebagai eksfoliator alami.

Caranya dengan mencampurkan susu dan soda kue masing-masing sebanyak satu sendok. Aduk hingga rata hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan secara merata ke area kulit. Cuci hingga bersih setelah 15 menit kemudian.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.