Sukses

Bantu Sektor Pendidikan, Perumnas Renovasi Fasilitas Sanitasi Sekolah di 4 Provinsi

Liputan6.com, Jakarta Dalam upayanya turut menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, Perumnas melaksanakan perbaikan dan pembangunan sekolah. Adapun program ini melalui peningkatan fasilitas sanitasi dasar yang layak di sekolah-sekolah yang tersebar di 4 provinsi.

Program peningkatan fasilitas sanitasi dasar ini merupakan salah satu program One School One Project berupa renovasi pembangunan toilet sekolah yang tersebar di lokasi proyek Perumahan Perumnas di Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Melalui Program TJSL Perumnas turut berkontribusi pada sektor pendidikan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial lingkungan, Perumnas mempunyai beberapa program yang akan sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah program renovasi faisilitas sanitasi atau toilet sekolah. Tujuan dari program ini adalah membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan serta menyediakan lingkungan dan fasilitas sanitasi dasar yang layak,” papar Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro , Kamis (14/5/2021).

Saat ini, Perumnas memperbaiki 3 fasilitas sanitasi toilet sekolah di SDN Cimanggu 01 Bogor, SD Inpres Perumnas Antang III Makasar, SDN No 060799 Blok X Perumnas Griya Martubung I, dan Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Darul Raihanun NW Ambaipua Ranomeeto Konawe Selatan. Bantuan yang diberikan utamanya adalah pembangunan toilet baru agar lebih layak pakai serta penyediaan sumber air atau toren air.

“Pengerjaannya pun relatif lebih cepat karena selama pandemi, sistem belajar mengajar menerapkan sistem daring atau belajar di rumah. Sedangkan, untuk pondok pesantren sistem belajar tetap dilaksanakan di ponpes dengan protokol kesehatan dan untuk sementara tidak dapat menerima kunjungan keluarga. Hal itu dilakukan untuk mengikuti himbauan dari pemerintah, selain itu agar para siswa bisa belajar dengan aman dan nyaman karena meminimalisir penularan virus Covid-19,” tutur Budi.

Bentuk kepedulian ini pun adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat yang memang sudah kami agendakan sebelumnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Di lain itu, program ini pun sebagai awal baik agar dapat digunakan secara optimal oleh siswa dan guru saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka nanti dimulai.

“Kami melihat renovasi fasilitas sanitasi pembangunan toilet ini dapat digunakan dengan baik oleh para guru dan siswa/santri. Kini mereka dapat menikmati fasilitas toilet yang bersih dan sehat. Biasanya mereka akan mengantri di satu titik toilet karena ketersediaan toilet layak pakai yang terbatas,” lanjutnya.

“Kami berharap inisiasi program berbagi ini menjadi awal yang baik bagi kita semua, khususnya bagi korporasi Perumnas dalam melaksanakan tugas untuk selalu menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat,” tutup Budi