Sukses

Cara Alami Atasi Mata Bengkak Tanpa Concealer

Liputan6.com, Jakarta Setelah begadang semalaman, apakah Anda terbangun dengan mata yang bengkak? Tentunya hal ini akan sangat mengganggu penampilan.

Alhasil, Anda harus menggunakan make up yaitu concealer untuk menutupi mata bengkak tersebut.

Melansir dari Femina India, Senin (4/10/2021), kulit di sekitar mata ternyata sangat sensitif sehingga membutuhkan perhatian khusus. Make up tidak bisa dijadikan solusi secara permanen untuk menutupi mata bengkak.

Oleh karena itu, simak beberapa cara alami dan tahan lama untuk mengatasi mata bengkak.

2 dari 3 halaman

1. Gunakan Krim Mata

Tidak seperti wajah, kulit di sekitar mata lebih sensitif sehingga diperlukan produk khusus yang digunakan pada area tersebut. Anda membutuhkan krim mata yang memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

Krim mata bisa digunakan pada malam hari yang didapatkan dari rekomendasi dokter kulit. Selanjutnya, pijat dengan lembut area mata menggunakan jari manis Anda.

2. Mengubah Posisi Tidur

Cara tidur juga bisa menyebabkan mata bengkak di pagi hari. Anda bisa tidur dengan kepala yang disangga sedikit lebih tinggi.

Jadi, retensi cairan di dekat area wajah menjadi lebih sedikit saat berada dalam posisi tidur horizontal dan membantu Anda bangun tanpa mata yang bengkak.

3. Batasi Konsumsi Alkohol dan Garam

Alkohol bisa membuat Anda dehidrasi sehingga konsumsi alkohol sebelum tidur bisa menyebabkan mata bengkak. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam, seperti keripik, mi, atau makanan cepat saji juga bisa menyebabkan peningkatan retensi cairan.

Pastikan untuk membatasi konsumsi alkohol dan makanan yang mengandung garam pada malam hari.

3 dari 3 halaman

4. Miliki Jam Tidur yang Cukup

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari, kulit di sekitar mata akan mengalami peningkatan retensi cairan yang menyebabkan mata menjadi bengkak. Tidur selama 8 jam akan menjadi sangat baik untuk tubuh.

Meskipun Anda memiliki kesibukan, cobalah untuk tidur sedekat mungkin dalam kurun waktu 8 jam dalam sehari.

5. Pastikan Tidak Memiliki Alergi yang Menyebabkan Mata Bengkak

Alergi juga bisa menyebabkan mata bengkak. Cari tahu lebih lanjut terkait barang yang baru Anda beli dan ditempatkan di kamar, seperti seprai atau pengharum ruangan.

Bahkan, alergi juga bisa terjadi ketika Anda tidur dengan jendela terbuka. Alergi menyebabkan gatal, kemerahan, bengkak, dan peradangan.

Apabila Anda tidak bisa menemukan penyebab alergi, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan.

6. Gunakan Bahan Alami

Ada beberapa metode efektif dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata bengkak. Gunakan bahan alami, seperti kantong teh celup, sendok, dan timun parut yang didinginkan di area mata.

Sebelum tidur, simpan bahan-bahan tersebut di kulkas. Kemudian, aplikasikan pada pagi hari.

Reporter: Shania