Sukses

Ketahui Perawatan Sebelum dan Sesudah Berolahraga Buat Jaga Kesehatan Kulit

Perlu diketahui, berkeringat adalah hal yang normal.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga adalah salah satu aktivitas yang perlu masuk ke dalam rutinitas seseorang jika ingin menjadi sehat. Namun, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi ketika seseorang hendak berolahraga. Ini menyangkut kesehatan kulit.

Saat ini banyak orang sudah menyadari pentingnya berolahraga. Namun di samping itu, ingatlah pula untuk tetap merawat kulit dengan baik. Sebab, percuma saja berolahraga tetapi tidak merawat kulit. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kulit sebelum dan setelah berolahraga.

Perlu diketahui, berkeringat adalah hal yang normal. Selain itu, berkeringat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat. Akan tetapi, hal tersebut bisa didapatkan jika Anda mengikuti rutinitas perawatan kulit tertentu.

Sebaliknya, jika Anda mengabaikan perawatan kulit, justru dapat merusak kulit. Salah satunya adalah kulit kusam atau muncul tanda pra penuaan.

Maka dari itu, ketahuilah apa saja yang harus dilakukan sebelum dan setelah berolahraga untuk tetap menjaga kulit tetap sehat. Dikutip dari laman Times of India, Minggu (19/9/2021), berikut ini tips yang disarankan oleh Dematologist, Aesthetic & Hair Transpalant Surgeon, Royal Lush Skin Clinic, New Delhi Syed Nazim.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan Sebelum Berolahraga

Sebelum berolahraga pun harus tetap merawat kulit. Hal yang perlu diingat saat akan berolahraga adalah jangan menggunakan make up atau riasan wajah. Sebab, make up tersebut justru akan menyumbat pori-pori kulit dan kelenjar keringat.

Lebih dianjurkan untuk menghapus seluruh make up dan mencuci muka ringan sebelum mulai berolahraga. Hal ini pun berlaku jika Anda pergi ke gym.

Selain itu, alangkah lebih baik pula jika Anda hanya menggunakan pelembap dan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Jangan lupa pula untuk menggunakan antiperspirant roll-on pada ketiak. Dengan Anda berolahraga, tubuh pasti mengeluarkan keringat salah satunya keringat akan muncul di ketiak. Antiperspirant roll-on itulah yang akan melindungi kulit ketiak sehingga tidak menjadi lokasi utama tumbuhnya bakteri atau kuman.

Sementara itu, ikatlah rambut saat berolahraga. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat pada dahi.

Jika Anda berolahraga di saat pandemi seperti ini, jangan lupa untuk selalu membawa disinfektan dan produk atau handuk milik pribadi. Ingat pula bahwa jangan menyentuh area wajah dengan tangan selama berolahraga. Terakhir, jaga jarak pun harus diterapkan.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, ada pula beberapa hal yang harus dilakukan terutama untuk menjaga kulit. Tidak hanya dilakukan sebelum berolahraga, membersihkan wajah pun harus dilakukan setelah berolahraga.

Bersantai setelah berolahraga mungkin akan memicu adanya bakteri di kulit. Jadi, cuci bersih wajah untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan keringat yang menempel.

Selain itu, keringat pun akan muncul di kepala. Oleh karena itu, cucilah rambut dengan sampo setelah berolahraga.

Kemudian, segera ganti pakaian olahraga Anda atau mandi karena tubuh pasti berkeringat dan mengeluarkan racun. Racun ini biasanya meresap ke dalam pakaian dan dapat menyumbat pori-pori bahkan bisa menyebabkan ruam dan jerawat tubuh.

Setelah tubuh bersih, jangan lupa untuk eksfoliasi kulit dengan mengoleskan serum dan pelembap.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.