Sukses

Begini Cara Ampuh Setop Kecanduan pada Junk Food

7 tips hentikan kecanduan makan junk food.

Liputan6.com, Jakarta Junk food memang memiliki cita rasa yang enak, namun itu bahaya bagi kesehatan. Jika Anda suka makan makanan siap saji, maka itu akan mempengaruhi kekebalan tubuh dalam jangka panjang.

Gantilah makanan yang tidak sehat tersebut dengan beberapa opsi makanan sehat lainnya yang tidak kalah enak rasanya.

Melansir dari laman magforwoman, Selasa (7/9/2021), tercantum di bawah ini merupakan beberapa cara untuk menghentikan ketagihan terhadap junk food.

1. Buat rancangan jadwal makanan sehat

Buatlah bagan untuk membiasakan makan sehat secara rutin. Ini harus mencakup semua porsi buah dan sayuran yang sehat. Tuliskan waktu kapan Anda memakan makanan tersebut.

Jangan lupa pula sertakan pilihan camilan sehat untuk selingan. Ketika Anda makan sesuai dengan rancangan tersebut, maka dipastikan tidak memerlukan lagi junk food.

2. Beli makanan sehat

Jangan membeli makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Isi lemari es Anda dengan makanan yang sehat.

Buah-buahan, yogurt, dan camilan sehat lainnya yang dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk membeli makanan siap saji. Tanamkan dipikiran Anda sehat. Jika berpikir sehat, maka Anda akan tetap sehat.

3. Pilih camilan sehat

Jika Anda makan junk food karena lapar, maka perlu diubah kebiasaan ini. Pilihlah camilan sehat sebagai gantinya. Saat merasa lapar, makanlah berbagai macam kacang-kacangan dan buah-buahan. Bisa juga memakan kecambah dan salad sehat dengan porsi kecil.

Pilihan camilan sehat yang hanya akan memberikan energi bagi tubuh, tetapi juga akan membantu meningkatkan kesehatan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Minum banyak cairan

Cairan sebenarnya membantu menekan rasa lapar. Jadi, jika Anda mendambakan junk food, minumlah segelas jus buah atau sayuran yang sehat. Minumlah setidaknya 2 liter air mineral per hari.

Teh herbal juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat. Jadi, sangat banyak alternatif yang dapat digunakan untuk menghindari makanan siap saji.

5. Kurangi stres

Tahukah Anda bahwa penyebab utama dari keinginan makan junk food adalah stres dan gangguan emosi pada tubuh?

Kurangi stres dengan cara yang positif untuk mengurangi keinginan makan makanan instan. Yoga dan meditasi selama tiga puluh menit setiap hari juga dapat membantu mengurangi stres dan keinginan buruk itu.

6. Tingkatkan asupan protein

Kekurangan energi dalam tubuh dapat menyebabkan makan emosional. Akibatnya, Anda mungkin makan banyak junk food.

Tingkatkan asupan protein, karena itu akan memberi Anda energi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Konsumsi setidaknya telur atau segelas susu kedelai dalam rencana diet harian Anda.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah makan juga menjadi sangat emosional. Jika Anda tidak tidur nyenyak, maka akan makan makanan yang tinggi kandungan kalori.

Ini bisa jadi karena kekurangan energi dalam tubuh. Tidur setidaknya selama enam hingga tujuh jam untuk mengurangi keinginan memakan sesuatu yang dapat membahayakan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini