Sukses

Tips Mengontrol Nafsu Makan yang Berlebihan dan Tidak Wajar

Jika Anda terus menerus merasa lapar, hentikanlah dengan 7 cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang terobsesi dengan makanan? Atau selalu merasa lapar yang tidak wajar sehingga memaksa hasrat Anda untuk selalu makan? Jika iya, itu perlu dihentikan, karena pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan menjadi buruk.

Kebiasaan makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Berikut beberapa tips untuk mengontrol keinginan makan Anda yang dilansir dari laman magforwoman.

1. Ubah kebiasaan

Cukup ubah kebiasaan makan Anda. Pertahankan diet yang bisa diikuti secara teratur. Sertakan porsi buah dan sayuran yang sehat dalam daftar makanan.

Makan camilan sehat jika Anda ingin makan di jam-jam yang tidak biasa. Menyerah pada makanan yang terlalu berminyak seperti keripik dan kue. Penting untuk mengatur rutinitas kebiasaan makan ini.

2. Jangan membeli makanan secara impulsif

Jika tersedia di kulkas, tentu saja Anda akan membukanya dan memakannya. Jangan membeli makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Seperti, cokelat yang disimpan di lemari es.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik jika Anda tidak membeli barang-barang itu, untuk membantu mengurangi keinginan makan Anda sampai batas tertentu.

3. Minum teh herbal

Sebuah survei membuktikan bahwa teh herbal dapat membantu mengendalikan keinginan makan. Jadi, jika Anda merasa lapar, minumlah secangkir teh hijau atau teh herbal lainnya. Itu akan menekan rasa lapar untuk saat itu.

Seiring waktu, itu akan membantu Anda mengatasi kecanduan makanan. Juga, tingkatkan asupan cairan untuk mengurangi keinginan makan yang berlebihan.

4. Latihan pernapasan

Ini mungkin terdengar aneh bagi, tetapi itu sebenarnya akan membantu. Ketika Anda merasa perlu makan sesuatu secara tiba-tiba, mulailah atur napas dengan tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut secara berlahan. 

Latihan ini akan membantu Anda mengendalikan keinginan untuk memiliki sesuatu pada saat itu juga. Ini adalah hal sederhana yang akan banyak membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Mengalihkan perhatian

Mungkin cara termudah untuk mengendalikan keinginan makan yang berlebihan adalah dengan mengalihkan perhatian Anda.

Ketika Anda merasa ingin makan, hubungi sahabat dan mulailah mengobrol apa saja di telepon. Bisa juga mengalihkannya dengan bermain game di ponsel. Nyalakan TV dan tonton saluran favorit juga menjadi salah satu solusi.

Ada begitu banyak cara untuk mengalihkan perhatian Anda, pilih salah satu cara untuk mencegah keinginan makan yang tidak wajar.

6. Kunyah permen karet

Tahukah Anda bahwa mengunyah permen karet sebenarnya dapat membantu menekan rasa lapar? Jadi, jika merasa ingin makan sesuatu, ambil saja permen karet dan kunyahlah selama beberapa waktu.

Banyak pilihan permen karet yang bebas gula jika Anda mau. Kunyah dengan baik dan jauhi pikiran memiliki sesuatu yang tidak perlu.

7. Miliki beberapa protein dalam makanan

Makanan yang kaya akan protein dapat membantu mencegah mengidam makanan dengan mengubah pola kadar gula darah dalam tubuh.

Ini dapat berupa telur atau susu kedelai. Ide ini berfungsi untuk mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.