Sukses

Hentikan Kebiasaan Cuci Wajah dengan Sabun Batangan, Begini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Ketika keluar rumah segala polutan di udara hingga keringat atau residu dari produk akan terkena wajah. Tanpa pembersihan yang baik, semua kotoran itu akan menumpuk di wajah.

Itu akan mengundang tumbuhnya jerawat jika tidak buru-buru dibersihkan. Bahkan bisa pula menyebabkan iritasi, kemerahan, atau penuaan kulit jika dibersihkan dengan cara yang kurang baik.

Beberapa orang menganggap membersihkan wajah menggunakan sabun batangan adalah pilihan yang baik. Namun, sebagian besar menolaknya.

Adakah manfaat dari membersihkan wajah dengan sabun batangan?

Beberapa sabun batangan mungkin bisa lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif. Namun, sebelum Anda mencobanya untuk wajah, pastikan terlebih dahulu apa formulasi dari sabun batangan tersebut.

Ada banyak merek perawatan kulit yang menawarkan sabun batangan khusus untuk wajah. Carilah sabun batangan yang tidak beraroma hipoalergenik dan mengandung bahan pelembab tingkat tinggi, seperti ceramide, glisering, asam hialuronat, atau niacinamide.

Sebaliknya, hindari bahan-bahan yang berbahaya untuk wajah, seperti pewarna, paraben, lanolin, formaldehida.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Efek samping penggunaan sabun batangan untuk wajah

Sabun batangan bukanlah pilihan yang baik untuk diaplikasikan pada wajah, meskipun memiliki wangi yang cukup bagus untuk tubuh.Dikutip dari laman Healthline, Rabu (28/07/2021), jika Anda tetap menggunakannya, efek samping yang terjadi mungkin akan seperti ini.

1. Sabun batangan sering diberi wewangian dan pewarna. Aroma dan pewarna itu dapat mengiritasi kulit sensitif wajah Anda. Hal yang terjadi kemudian kulit Anda bisa jadi akan memerah atau gatal.

2. Sabun batangan mungkin abrasif – bahan kosmetik alami atau sintetik yang digunakan untuk melepaskan lapisan permukaan sel atau jaringan kulit. Hal ini juga bisa mengiritasi kulit.

3. Sabun batangan bisa membuat kulit kering. Pembersih apa pun yang Anda gunakan pada wajah harus memiliki bahan pelembap. Kebanyakan sabun batangan tidak mengandung bahan-bahan ini dan justru membuat kulit mengering.

4. Karena bentuk dan ukuran sabun batangan, Anda mungkin akan melewatkan beberapa bagian wajah karena sulit menjangkau seluruh wajah.

Pada umumnya, sabun batangan terlalu keras untuk digunakan pada kulit wajah yang cenderung halus. Selain itu, kebanyakan sabun batangan juga memiliki pH yang tinggi. Hal itu memang bagus untuk menghilangkan kotoran pada tubuh, tetapi tidak untuk kulit wajah.

3 dari 4 halaman

Apa bahan yang bagus digunakan untuk pembersih wajah?

Jadi, sabun batangan tidak baik untuk digunakan. Anda memiliki beberapa pilihan produk untuk dijadikan sebagai pembersih wajah.

1. Krim pembersih

Jangan khawatir jika kulit wajah Anda kering. Anda bisa menggunakan krim pembersih untuk melembapkannya.

2. Busa pembersih

Pembersih ini berbentuk seperti busa dan bagus untuk menghilangkan minyak berlebih. Jenis pembersih ini cocok untuk kulit berminyak atau kombinasi.

3. Pembersih tanah liat

Tanah liat atau lempung juga bisa untuk membersihkan wajah. Bahan ini bagus untuk menyerap minyak dan membersihkan pori-pori. Tanah liat ini menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang memiliki kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi.

4. Gel pembersih

Jenis gel pembersih ini baik untuk membersihkan pori-pori Anda dan menghilangkan minyak. Oleh karena itu, cocok untuk orang yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak.

5. Pembersih minyak

Pembersih berbasis minyak adalah salah satu cara untuk membersihkan wajah. Bahan ini hebat dalam membersihkan pori-pori. Bahkan bisa pula untuk menghapus riasan wajah. Jenis pembersih ini cenderung cocok untuk berbagai jenis kulit.

6. Pembersih miselPembersih ini cukup tren selama beberapa tahun terakhir. Jenis pembersih ini cukup bagus untuk menghilangkan minyak, penumpukan komedo, dan menghapus riasan. Banyak orang yang menyukai bahan pembersih ini karena kenyamanannya dan tidak perlu membilasnya lagi setelah menggunakan micellar ini.

4 dari 4 halaman

Cara membersihkan wajah dengan benar

Membersihkan wajah adalah hal penting untuk dilakukan jika ingin wajah terawat. Pilihlah pembersih yang tepat untuk wajah. Pastikan membersihkan wajah dengan rutin di pagi dan malam hari atau setelah melakukan banyak aktivitas yang membuat Anda berkeringat.Berikut ini cara membersihkan wajah dengan baik.

1. Gunakan air hangat untuk membasahi wajah dengan tangan

2. Gunakan tangan untuk mengoleskan pembersih ke wajah yang basah

3. Lakukan gerakan melingkar secara lembut untuk membersihkan wajah

4. Bilas sabun pembersih wajah itu menggunakan air hangat

5. Keringkan wajah dengan handuk yang lembut

6. Oleskan pelembap

Bersihkanlah wajah secara lembut. Jangan gosok wajah terlalu keras karena dapat mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit Anda.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati