Sukses

Tahukah Anda Air Madu Bisa Melancarkan Pencernaan? Yuk Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya olahraga atau minum air yang sedikit bisa menjadi salah satu penyebab pencernaan tidak lancar. Namun, ternyata ada cara alami untuk menghindari masalah pencernaan. 

Mengonsumsi air madu dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Madu sudah dijadikan sebagai pengobatan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Kandungannya yang dimiliki antara lain antioksidan, asam amino, dan vitamin.

Manfaat madu untuk pencernaan sudah dibuktikan melalui riset dan penelitian. Berikut adalah penjelasannya.

Antibakteri

Madu memiliki antibakteri alami. Hal tersebut dapat mengakibatkan kuman-kuman penyebab infeksi di saluran pencernaan hilang atau mati oleh madu. Kuman yang dimaksud seperti penyebab sakit maag, diare, disentri, radang usus, dan kolera. 

Dengan mengonsumsi madu, kuman-kuman yang ada dalam perut dalam dinetralisasikan. Kemudian, madu juga dapat meredakan peradangan akibat infeksi di saluran pencernaan. Melansir dari CNN, lebah menyimpan zat hidrogen peroksida ke dalam madu saat melakukan sintesis serbuk sari bunga sehingga antibakteri dari madu bersifat sangat alami.

Makanan Bakteri Baik

Seperti yang sudah dijelaskan, madu memiliki sifat antibakteri alami sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain itu, kandungan yang juga terdapat pada madu adalah prebiotik. Prebiotik adalah makanan probiotik sehingga bakteri ini baik untuk usus besar dan bermanfaat untuk tubuh. 

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pertumbuhan dan aktivitas dari Bifidobacteria dapat ditingkatkan melalui madu. Bifidobacteria adalah salah satu jenis probiotik yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Membantu Mengatasi Diare

Cara mengonsumsi madu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya mencampur madu dengan air. Campuran air madu akan membantu mengatasi Anda dehidrasi.

Lalu, meminum air yang dicampur dengan madu juga mempercepat penyembuhan pada mukosa usus yang rusak karena bakteri atau virus. Hal tersebutlah yang biasanya menyebabkan Anda mengalami diare.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan dalam madu yang dijelaskan sebelumnya menghasilkan enzim-enzim di pencernaan sehingga dapat mencerna karbohidrat makanan lebih cepat. Ini juga bisa mendorong Anda untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar.

Punya Banyak Nutrisi

Produk alami dari lebah yang kaya akan zat dan gizi dapat menjaga kesehatan dan imunitas dalam tubuh. Kandungan seperti asam amino, vitamin, mineral, dan antiosida menyumbang banyak khasiat untuk kesehatan. 

Meskipun begitu, komposisi yang terdapat pada madu dapat berbeda-beda bergantung pada jenis tanaman yang dikonsumsi oleh lebah. Kemudian, konsumsi madu yang dilakukan juga tidak boleh berlebihan.

Reporter: Caroline Saskia